Tidak haid seperti biasa setelah suntik KB

AR Info Penanya: AR
dok saya kan pke kb suntik 1 bulan , nah bulan mei haid tgl 7 slsai haid lalu saya lngsng kb suntik 1 bln, bulan juni haid tgl 6 tapi warna haid nya tidak merah tetapi warna kecoklatan dan tdk banyak seperti biasanya, di bulan juni itu saya tdk di kb. dan bulan juli skg saya telat haid dok sdh di tepack hasil nya negatif. tapi yang skg saya alami itu sudah 2 minggu keputihan terus menerus dok..apakah terjadi kehamilan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AR,

KB suntik adalah metode KB yang bisa diberikan 3 bulan sekali atau 1 bulan sekali dengan cara menyuntikan obat yang mengandung hormon. Suntik KB tidak jarang menimbulkan sejumlah efek samping seperti terlambat haid, perdarahan diluar menstruasi, peningkatan berat badan, rasa tidak nyaman pada payudara, sakit kepala dan lainnya.

Karena salah satu efek sampingnya adalah masalah siklus menstruasi, jadi keterlambatan haid yang saat ini timbul bisa merupakan efek dari suntik KB. Jadi apabila sudah menggunakan KB suntik dan juga dilakukan testpack hasilnya negatif maka tidak terjadi kehamilan.

Jika nantinya selama 3 bulan berturut-turut tidak juga terjadi menstruasi maka perlu diperhatikan apa yang jadi penyebabnya dan perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya bisa juga mengganti metode kontrasepsi jika dirasa efek samping dari KB suntik membuat tidak nyaman. Beberapa metode kontrasepsi lain diantaranya:

  • Pil KB
  • Kondom
  • KB implan
  • IUD atau KB spiral

Selain itu perlu juga menjaga keseharian agar menstruasi bisa tetap lancar dan kondisi tubuh serta keseimbangan hormonal bisa tetap terjaga dengan cara tidur cukup, kelola stres dengan baik, dan olahraga teratur. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.