Apakah terlambat haid memungkinkan hamil?

SU Info Penanya: SU
Dok mau tanya telatt satu bulan. sy tp hasil dua garis satu samar.setelah genap satu bulan tgl 1 keluar flek 2 hari selanjutnya darh tapi tidak bnyak..dan setelah darah selesai keluar Sy tp LG 1 hari setelah keluar flek dan darh berhenti hsilny negatif.sy trs down dok..ap itu kemungkinan hamil ap tidak dok..terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Tanda pasti dari kehamilan selain dengan hasil tes kehamilan bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan diagnostik serta pemeriksaan USg kehamilan oleh dokter spesialis kandungan. Terlambatnya siklus haid, sering kali dikaitkan dengan kehamilan. Padahal, terdapat beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi siklus haid. 

Di bawah ini merupakan beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi siklus haid, seperti:

  • Stres
  • Kelelahan akibat dari aktivitas fisik yang berlebihan
  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya masalahorgan reproduksi wanita
  • Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi yang bersifat hormonal (seperti Pil KB, suntik KB, KB implan dan lain sebagainya)
  • PCOS
  • Obesitas

Bila Anda sudah melakukan tes kehamilan dan hasilnya samar, bisa dilakukan tes kembali dengan selang waktu 7 hari kemudian. Bila sudah melakukan tes kembali dan hasilnya garis 1 maka kemungkinan besar adalah negatif. Namun, untuk lebih memastikannya, segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat unutk dilakukan USG kehamilan. Sehingga dapat diketahui penyebab pasti dari keluhan yang saat ini Anda rasakan dan mendapatkan tatalaksana serta terapi yang sesuai

Tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, lakukan istirahat cukup, hindari stres dan juga kelelahan, cukupi kebutuhan cairana harian Anda dengan mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap hari agart terhindar dari dehidrasi, perbanyak konsumsi sayur dan juga buah-buahan, lakukanlah olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stunting dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada ibu hamil dan anak

Pencegahan Stunting Penting Dilakukan, Ini Caranya

Stunting atau masalah gizi pada anak sangat penting untuk dicegah. Hal itu disebabkan stunting memengaruhi tumbuh kembang anak. Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan dan pemberian asupan nutrisi yang cukup pada anak. Oleh karena itu, stunting dan upaya pencegahannya sangat penting untuk diketahui oleh para wanita yang berencana atau sudah memiliki anak.