04 Jun 2020, 23:28Kandungan

Apakah efek samping pemakaian KB Suntik 1 bulan?

RA
Info Penanya: RA0
Selamat malam dok .. dok saya biasa pake kb suntik sebulan sekali .. dan biasa haid tgl 20an.Bulan maret saya haid tgl 25 april mei ngga haid dok .. sya bulan april suntik kb tgl 7Dan bulan mei sya tidak melakukan suntik ulang tapi sampe saat ini sya masih belum haid dok ..Dan sya tespk negatif setelah 2minggu dari terkhir berhubungan badan. Kenapa ya dok ? Smpe saat ini sya jadi takut berhubungan ..
16966 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang RA,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Suntik KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang biasa digunakan untuk menunda kehamilan. Suntik KB merupakan kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon progestin, yang serupa dengan hormon alami wanita, yaitu hormon progesteron. Hormon tersebut dapat menghentikan Anda berovulasi. KB Suntik di bagi menjadi 2, yaitu KB Suntik 3 bulan dan KB Suntik 1 bulan. KB Suntik 1 bulan memiliki risiko lebih rendah timbulnya pedarahan yang tidak teratur dan lebih mungkin untuk memiliki periode menstruasi yang teratur. Namun demikian terdapat beberapa kekurangan KB suntik 1 bulan :
  • Timbulnya perdarahan yang tidak normal
  • Sering lupa jadwal suntik karena durasinya yang 1 bulan
  • Menimbulkan pusing dan payudara lebih terasa sensitif atau nyeri
  • Membuat perubahan mood
Anda tidak perlu khawatir jika Anda belum menstruasi, karena bisa saja, menstruasi terlambat Anda karena efek samping dari KB suntik yang Anda jalani, namun jika dirasa efek samping KB Suntik menggangu, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kadungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil