Apa dampak pemakaian softlens?

AD Info Penanya: AD
Siang dok..saya mau tanya , kmrn saya pakai soflens , tbtb memang kurang nyaman di bgian mata kiri saya.lalu pas sya buka soflensnya , tbtb mata saya merah dan sdkit perih seperti ada yg mengganjal dibgian mata saya..saya sempat beri obat tetes mata , namun pas saya berkaca saya lihat ada bintik putih kecil dibgian bola mata hitam saya..kira2 itu penyebabnya knp yaa dok..dan upaya apa yg hrs sya lkukan ..trimaksih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AD,

Softlens adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengoreksi mata yang mengalami mata minus atau silinder selain menggunakan kacamata. Namun selain untuk mengoreksi mata rabun, softlens ini juga sering dipakai untuk meningkatkan penampilan agar mata terkesan lebih besar.

Pemakaian softlens ini sangat praktis namun ada bahaya atau efek samping pemakaian softlens bila tidak menjaga kebersihan tangan dan mata dengan baik. Beberapa masalah yang sering muncul adalah iritasi mata.

Ciri-ciri iritasi mata:

  • Mata merah.
  • Mata terasa mengganjal.
  • Mata terasa kering atau malah semakin berair.
  • Bengkak pada kelopak mata.
  • Terasa pegal atau nyeri pada mata.

Tips mengatasi iritasi mata.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah:

  1. Segera lepas softlens bila mata sudah terasa mulai mengganjal.
  2. Segera bilas mata menggunakan cairan infus NaCl 0,9% atau menggunakan air mengalir. Namun pastikan Anda sudah mencuci tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh mata.
  3. Kompres mata menggunakan air hangat untuk meredakan nyerinya.
  4. Hindari memakai softlens sampai mata benar-benar sembuh.
  5. Pastikan untuk melepas softlens ketika Anda tidur.

Bila mata tampak semakin merah, ada bintik putih, atau ada pembengkakan, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter mata agar bisa ditangani dengan baik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata kering dapat menyebabkan mata merah dan berisiko terkena infeksi

Mengatasi Mata Merah Akibat Mata Kering, Bagaimana Caranya?

Mata kering dapat menyebabkan mata merah dan berisiko terkena infeksi. Mata yang kering disebabkan oleh jumlah air mata yang kurang atau komposisi air mata yang tidak seimbang. Untuk mengatasi mata kering, Anda dapat menggunakan obat tetes mata, mengubah kebiasaan, dan tindakan operasi.