Kenapa terlambat haid apa hamil?

TN Info Penanya: TN, Wanita, 18 Tahun
Halo Dok saya mau tanya ..saya terakhir menstruasi bulan maret tanggal 30 dan berakhir pada bulan April tanggal 6 saya pun terakhir berhubungan pada bulan Maret 2 Minggu sebelum saya menstruasi.. nah seharusnya kan akhir bulan April saya menstruasi tapi sampai saat ini saya belum menstruasi dok.apakah saya hamil .. akhir" ini saya lebih sering merasakan kram perut, keputihan dan sakit pinggang ..mohon penjelasannya dok. Terimakasih:)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore TN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Siklus menstruasi normal biasanya setiap 21-35 hari sekali. Terlambat atau telat haid sebenarnya masih merupakan kondisi normal. Siklus haid tidak selalu datang tepat waktu setiap bulannya. Kadang haid bisa lebih awal atau telat dari biasanya.

Beberapa penyebab terlambatnya datang bulan :

Saran saya hindari aktivitas fisik dengan intensitas berat, konsumsi makanan bernutrisi tinggi, perbanyak sayur dan buah, lakukan rileksasi dengan cara meditasi atau melakukan berbagai hal-hal yang Anda sukai, menerapkan pola hidup sehat, seperti berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dan olahraga minimal 3-4 kali seminggu.

Karena Anda sudah terlambat haid lebih dari 1 bulan, sebaiknya Anda melakukan testpack terlebih dahulu untuk memastikannya. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi yang terlambat bisa jadi tanda awal kehamilan

Terlambat Menstruasi? Bisa Jadi Ciri-Ciri Kehamilan

Bagi perempuan yang sedang menanti kehamilan, beberapa perubahan dalam tubuh pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Ciri-ciri kehamilan bisa beragam, ini dia yang paling umum terjadi.