Suntik KB sudah 3 tahun, timbul flek karena apa ?

DI Info Penanya: DI
Saya suntik kb sdh lbih dari 3 thn 2 bln kmri sya suntik kb tp knpa sya timbul flek & trkafang kluar darah mrrah segar dan nyeri d bagian petut kiri sampai ke kakiAda apa dengan saua y dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DI.

KB suntik merupakan salah satu jenis kontrasepsi hormonal dengan metode pemberian melalui penyuntikan pada area tubuh tertentu wanita. KB suntik diniliai lebih praktis, karena tidak harus digunakan setiap hari. Terdapat dua macam periode waktu pemberian KB suntik, yaitu periode 1 bulan dan 3 bulan. Tingkat keberhasilan KB suntik pun sama tingginya dengan jenis KB hormonal lainnya. Akan tetapi, seperti jenis KB hormonal lainnya, KB suntik memiliki berbagai efek samping.

Adapun beberapa efek samping KB suntik yang dapat terjadi, yakni :

  • haid yang tidak teratur, menjadi lebih banyak atau bahkan berhenti sama sekali
  • berat badan yang tidak stabil, khususnya kenaikan bisa tidak terkendali
  • munculnya gejala seperti pada sindroma pramenstrual seperti nyeri kepala, nyeri payudara, kembung hingga gangguan emosi dan suasana hati
  • terjadinya penurunan kepadatan tulang saat menggunakan KB suntik
  • tidak terlindung dari infeksi menular seksual
  • membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali hamil, setelah penggunaan KB dihentikan

Mengenai keluhan yang Anda alami, seperti yang telah dipaparkan di atas, umumnya terjadi karena efek samping KB suntik yang membuat keadaan hormon pengatur siklus menstruasi menjadi tidak seimbang. Efek samping tersebut dapat bersifat sementara dan ada pula yang menetap. Jika telah mulai mengganggu atau bahkan memburuk, ada baiknya untuk mulai memikirkan alternatif penggunaan KB jenis lain. Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Kandungan untuk menentukan jenis KB yang paling tepat untuk Anda.

Untuk sementara Anda dapat mencoba cara alami berupa konsumsi air rebusan jahe dan kunyit serta ekstrak tanaman adas, untuk membantu mengatasi keluhan Anda. Jika perdarahan dan nyeri yang dirasakan memberat, segeralah periksakan diri Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara alami seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas dapat membantu menghentikan haid yang berkepanjangan

5 Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan, Wanita Wajib Tahu

Periode haid umumnya berlangsung selama 2-7 hari. Jika periode berlangsung lebih lama atau menimbulkan nyeri yang berlebihan, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk membantu memperpendek periode haid seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas yang terbukti mengandung analgesik dan antiperadangan.