Saya mempunyai riwayat amandel, apa beda gejalanya dengan corona?

IW Info Penanya: IW
Saya mempunyai riwayat amandel, 3hari lalu saat berbuka puasa saya meminum es jamu setelah itu mlamnya saya merasa tenggorokan saya yg kiri sakit, dan sedikit susah bernafas bukan nafas pendek, tp nafas seperti biasax hanya saja sedikit tidak nyaman, trs hidung saya sering tersumbat dan sempet badan saya greges meriang donk, apakah itu termasuk CoronanTerimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IW,

Teriamakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Radang amandel atau tonsilitis adalah kondisi di mana amandel mengalami peradangan atau inflamasi. Penyebabnya bisa karena infeksi virus maupun bakteri. Gejala dari tonsilitis adalah suara serak, demam, bau mulut, batuk, sakit kepala dan sesak napas.

Sedangkan COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Gejala yang muncul bisa menyerupai gejala flu, yaitu demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, sesak napas dan sakit kepala. 

Memang betul gejala yang Anda rasakan mirp dengan gejala COVID-19, namun Anda harus di teliti lebih lanjut lagi apakah gejala tersebut memang betul karena virus corona atau infeksi virus lainnya, jadi harus di cari tau bagaimana apakah ada riwayat kontak dengan pasien COVID-19 atau riwayat berpergian ke daerah yang terkena virus corona, jika bukan bisa saja gejala Anda bukan dari virus corona.

Untuk sekarang sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini :

  • Gaya hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Rutin mencuci tangandengan sabun minimal 40 detik
  • Mengisolasi diri di rumah, jika terpaksa harus keluar rumah sebaiknya gunakan masker
  • Hindari untuk berkontak langsung dengan orang lain

Jika keluhan Anda semakin memberat sebaiknya periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk memeriksakan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Positif terinfeksi virus corona sering ditandai dengan gejala batuk

Jangan Panik! Lakukan Hal Berikut Jika Anda Positif Terinfeksi Virus Corona

Positif terinfeksi virus corona yang paling akurat hanya dapat dilihat melalui tes SWAB. Pasien yang positif terinfeksi corona bisa menimbulkan gejala ringan, gejala berat, atau mungkin tidak bergejala sama sekali