Sering ingin buang air kecil, kenapa?

MG Info Penanya: MG, Pria, 48 Tahun
Selamat malam dok,,saya mau tanya,kenapa ya saya selalu ingin kencing dan klo kencing g terasa sakit dok,padahal sdh lama dok tp blm sembuh,saya sudah konsultasi sama dokter,saya pun sdh melakukan tes darah untuk mengetahui ada tidaknya kencing manis,hasilnya negatifMenurut dokter sakit apa saya dan apa yg perlu saya lakukan,sebab hampir 1thn dok blm sembuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MG.

Buang air kecil adalah hal alami yang terjadi pada manusia. Cairan yang masuk ke dalam tubuh akan disaring oleh ginjal. Setelah disaring, mineral yang masih diperlukan tubuh akan diserap kembali. Akhirnya, sisa cairan yang sudah tidak dibutuhkan akan dilanjutkan ke ureter, kandung kemih, uretra, dan keluar melalui lubang kencing.

Normalnya, seseorang buang air kecil sekitar 4-8 kali dalam sehari. Jika lebih dari itu, bisa disebabkan karena:

  • Terlalu banyak mengonsumsi air putih
  • Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi
  • Infeksi saluran kemih
  • Gangguan prostat pada pria
  • Kehamilan pada wanita

Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis urologi untuk menentukan penyebab pasti dari keluhan Anda. Dokter mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti laboratorium urine rutin, foto polos abdomen, atau USG ginjal untuk mengetahui penyebab pastinya. Untuk sementara, konsumsi air putih yang cukup (jangan kurang ataupun berlebih) dan batasi minuman dengan kandungan kafein ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri E.coli

Bakteri E-coli Jadi Salah Satu Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E.coli dan dapat dialami oleh pria ataupun wanita. Namun, wanita berisiko tinggi terkena infeksi saluran kemih. Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah rasa nyeri saat buang air kecil.