Telat haid, apakah itu tanda kehamilan?

WF Info Penanya: WF, Pria, 1 Tahun
Saya sama istri saya terakhir berhubungan itu desember 2019 terus januari dia haid.february juga haid lancar seperti biasanya tapi bulan maret dia telat 1 minggu..apakah bisa dikatakan hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, W.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi merupakan suatu kondisi keluarnya darah dari vagina yang dialami oleh setiap wanita. Siklus menstruasi seorang wanita rata-rata 28 hari. Tetapi, ada juga yang 21-35 hari. Itu masih merupakan hal yang wajar. Jika siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, maka dapat dikatakan sebagai gangguan menstruasi.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seorang wanita mengalami telat haid, yaitu:

  • Stres.
  • Kelelahan atau kecapekan fisik.
  • Berat badan yang tidak ideal.
  • Pola makan yang buruk.
  • Kehamilan.
  • Penggunaan KB.
  • Kondisi medis seperti PCOS, endometriosis, dll.

Kondisi yang istri Anda alami ini bisa saja penyebabnya karena salah satu diatas dan telat haid satu minggu masih merupakan hal yang wajar. Tetapi, jika Anda terakhir kali berhubungan seksual di bulan Desember 2019 dan sekarang istri Anda mengalami keterlambatan haid, maka itu bukan tanda kehamilan karena jarak Anda melakukan hubungan seksual cukup jauh dengan keterlambatan haid istri Anda. 

Jika sampai beberapa minggu ke depan istri Anda masih belum juga haid, Anda bisa membawa istri Anda untuk periksa ke dokter spesialis kandungan untuk diperiksa secara langsung dan diberikan terapi yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan

Sakit Perut Saat Haid Mengganggu? Kenali Berbagai Penyebabnya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Kenali penyebab nyeri haid Anda dan atasi dengan cara menghilangkan sakit perut saat haid berikut ini.