Apa penyebab payudara keluar cairan seperti nanah?

NT Info Penanya: NT, Wanita
Assalamu'alaikum warohmatullahDok, saya mau nanya, kalau salah satu payudara mengeluarkan cairan seperti nanah dan ada darahnya sedikit itu karena apa ya dok? Lebih dari 3 kali keluar cairan seperti itu dok,, tetapi payudaranya tidak bengkak ataupun sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NT,

Payudara yang mengeluarkan cairan adalah gejala yang bisa timbul akibat beberapa kemungkinan penyebab seperti misalnya galaktorea akibat gangguan hormonal, adanay kista payudara atau adanya kantung berisi cairan pada payudara, adanya infeksi payudara seperti abses payudara, peradangan payudara, adanya sel yang abnormal dan lainnya.

Agar diketahui pasti ada bainya memeriksaan diri pada dokter dimana nantinya bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Apabila didapatkan adanya infeksi akan diberikan pemberian obat untuk mengatasinya. Apabila ada benjolan ataupun juga penyebab lain dapat dilakukan tindakan sebagai salah satu penanganan yang bisa dilakukan.

Untuk itu rajin melakukan SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri untuk menilai ada tidaknya benjolan ataupun kondisi lain yang berubah dari payudara seperti yang dialami, perhatikan juga apa bilsa ada perubahan bentuk kulit payudara seperti kulit jeruk maka perlu segera diperiksakan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.  

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Periksa payudara sendiri harus dilakukan secara rutin

Langkah-langkah Periksa Payudara Sendiri yang Wajib Anda Lakukan

Periksa payudara sendiri (sadari) menjadi hal penting yang dilakukan untuk mendeteksi adanya perubahan abnormal pada payudara. Anda dapat dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.