Bagaimana caranya tau alergi apa?

AN* Info Penanya: AN*
Malam dok,saya mau tanya,saya sakit gatel" dah lama hampir 5 bulan,brobat dah bbrapa x,kta dr.sya alergi,tpi lum tau alergi dri apa,klo sya mnum obat gatel+pake salep bethametashon bekas gatel itu sembuh,cma ntar muncul lagi ditmpat yg berbeda.sya bingung cri tau sya alergi apa???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MR,

Alergi merupakan penyakit turunan yang bisa berbeda-beda faktor pencetusnya. Karena alergi ini penyakit turunan dan bawaan dari lahir, maka tentunya tidak bisa disembuhkan secara total, yang bisa dilakukan adalah mencegah agar alergi tidak sering kambuh.

Faktor pencetus alergi sendiri bisa bermacam-macam seperti debu, dingin, makanan (seafood, kacang, telur, ayam, dll), bulu binatang, serbuk bunga, dll. Karena pencetusnya bisa berbagai hal, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pengamatan secara pribadi kapan munculnya alergi tersebut dan kira-kira dicetuskan oleh faktor apa. Bila Anda bingung, Anda juga bisa melakukan tes alergi di dokter kulit untuk mengetahui kemungkinan-kemungkinan alergen yang mencetuskan alergi Anda.

Selain menghindari faktor pemicu alergi, Anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan cara :

  1. Perbanyak makan sayur dan buah.
  2. Hindari begadang dan cukup tidur.
  3. Lakukan olahraga secara rutin.
  4. Hindari stres.

Bila keluhan sudah berlangsung lama, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biduran merupakan salah satu ciri-ciri alergi

Ini Ciri-Ciri Alergi pada Kulit yang Mudah Dikenali

Ciri-ciri alergi bisa muncul di mana saja, terutama kulit. Ada yang gejalanya ringan, ada pula yang sangat berat hingga bisa menyebabkan kematian. Salah satu ciri-ciri alergi yang dapat dirasakan adalah biduran.