Kenapa keluar flek saat masa subur?

YS Info Penanya: YS
Dokter, ini saya masuk masa subur, trus sekitr 4 hari yg lalu saya berhubungan dgn suami saya, tpi 2 hari ini kok keluar lendir teus ada bercak darah nya sedikit, dan kadang flek warna kuning itu knp ya dokter?? bahaya atau tidak? dan apakah sya harus konsul ke dokter SpOG??? terimaksih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YS,

Implantasi adalah proses yang terjadi ketika janin menempel ke rahim yang ditandai dengan keluarnya bercak darah berwarna terang atau kecokelatan yang biasanya terjadi hari ke 6-12 hari setelah berhubungan seksual. Tentunya hubungan seksual ini lebih besar dampaknya bila dilakukan ketika masa subur. Bila hubungan seksual dilakukan di luar masa subur maka bisa terjadi kehamilan namun kemungkinannya lebih kecil.

Perihal keluarnya bercak darah dan keputihan, bisa saja terjadi akibat:

  • Iritasi serviks. Biasanya akan muncul bercak darah setelah berhubungan seksual.
  • Polip rahim.
  • Polip serviks.
  • Proses implantasi. Bercak darah yang muncul akan berwarna pink atau kecokelatan sebagai tanda proses penempelan janin ke rahim.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Keputihan akibat infeksi yang lain.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Lakukan pemeriksaan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid.
  • Banyak beristirahat.
  • Banyak minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.
  • Jaga kebersihan kelamin dengan rutin mengganti celana dalam dan dilap kering setelah membasuh kelamin.
  • Hindari celana ketat.

Bila sudah menjalankan tips-tips di atas tapi masih keluar keputihan terutama keputihan yang berbau dan terasa gatal, maka sebaiknya periksa ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
17 Jul 2020, 22:01
Mlm dok. Saya mau tanya tanggal 31 des 2019 saya pasang kb suntik yg 1 bulan, dan haid lancar walau terkadang haid nya maju bundur, dan d tanggal 26 Mei 2020 saya lepas kb, dan tanggal 21 mei 2020 saya masih haid dok. Dan d bulan 6 saya udh telat haid 1 bulan, tanggal 6 juli 2020 saya cek pake tespek dan hasil nya negatif, dan tanggal 7 nya saya haid slama 4 hari. Tpi kenapa perut saya terasa ngap dan ada yg bergerak2 ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
19 Jul 2020, 03:29
Selamat malam, SU.
Test pack hanya mengandalkan kenaikan hormon hCG saja. oleh sebab itu saya anjurkan untuk melakukan pemeriksaan usg agar dipastikan apakah Anda mengalami kehamilan atau tidak ya.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembuahan yang terjadi saat ovulasi atau masa subur memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk hamil

Cara Mengetahui Masa Subur untuk Merencanakan Kehamilan

Merencakan kehamilan adalah proses penting bagi Anda yang ingin segera hamil. Salah satu hal terpenting yaitu dengan mengetahui masa subur dan siklus menstruasi Anda, agar pembuahan yang baik dapat terjadi pada saat ovulasi.