17 Jul 2021, 14:15Kandungan

Apa penyebab gatal dan perih pada vagina setelah berhubungan?

AH
Info Penanya: AH0
Siang dok yang saya ingin tanya kan setelah berhubungan intim timbul perih dan gatal di sekitar area vagina itu kenapa ya dok?
82 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Vagina adalah bagian reproduksi wanita yang mudah sekali lembab dan melakukan hubungan intim dapat membuat daerah vagina menjadi lebih lembab dari biasanya. Keluhan yang dapat timbul dari kelembaban berlebihan ini adalah panas, kemerahan, dan gatal di vagina terutama jika setelah hubungan, vagina kurang dibersihkan secara maksimal. Perih juga dapat terjadi jika hubungan seksual dilakukan terlalu keras, maupun dilakukan tanpa pemanasan sehingga dimulai dalam keadaan vagina masih kering dan mudah lecet. Keluhan ini juga dapat semakin parah jika seorang wanita sudah mendekati usia menopause.

Gatal dan perih di vagina

Alergi dapat terjadi karena cairan sperma, kondom, cairan pelumas, pembalut, pembersihan kewanitaan, atau pisau cukur. Selain itu vagina gatal setelah hubungan intim memang perlu diperiksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dipastikan penyebabnya apakah terdapat infeksi atau hanya alergi. Sementara, lakukan pembersihan alat kelamin lebih sering dari biasanya, tunda hubungan seksual sebelum berobat, hindari penggunaan pantyliner berpewangi, dan lebih sering ganti pakaian dalam jika lembab. Hindari mengaruk kemaluan dan lakukan kompres dingin untuk mengurangi gatal.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualvagina gatalkesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil