25 Feb 2021, 20:37Kandungan

Apakah berhubungan pasca suntik KB risiko hamil?

AL
Info Penanya: AL, Wanita0
Dok. Kemarin pada tanggal 21 februari saya suntik kb saat masih keluar darah nifas, hari ini saya melakukan intim dan keluar didalam . Apa bisa hamil?
247 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, ALTerima kasih atas pertanyaannnya.Suntik KB berfungsi untuk mencegah kehamilan dengan hormon yang terkandung pada suntik.  Hormon tersebut akan mencegah sperma masuk ke rahim, menghambat pelepasan sel telur, serta mencegah sel telur melekat pada dinding rahim.  Suntik KB memiliki efek mencapai 99% dalam mencegah kehamilan dengan pemakaian yang benar dan sesuai jadwal yang teratur.  Selain itu, suntik KB juga akan berefek samping.

Efek samping penggunaan KB :

  • Gangguan pada siklus haid.
  • Perdarahan di luar siklus.
  • Sakit kepala.
  • Peningkatan berat badan.
  • Gangguan suasana hati.
  • Payudara lebih nyeri.
Terkait yang Anda tanyakan, umumnya KB akan bekerja 5-7 hari setelah suntik KB untuk itu disarankan menggunakan kondom atau menunda hubungan intim hingga 7 hari pasca suntik guna memberikan waktu untuk KB bekerja maksimal.  Sehingga masih ada kemungkinan untuk hamil walaupun kecil ketika hubungan tanpa pengaman dalam 7 hari pertama setelah suntik.  Guna memastikannya Anda dapat lakukan testpack ketika mengalami telat haid lebih dari 10 hari dan diulang sebelum jadwal suntik selanjutnya.Menggunakan suntik KB perlu dilakukan dengan teratur sesuai jadwal yang ditentukan, sehingga pastikan anda tidak telat suntik KB selanjutnya.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil