12 Dec 2020, 11:04Infeksi

Kenapa IgM, IgG masih positif?

RF
Info Penanya: RF0
Dok, mohon maaf sy mau tanya, ibu ku dtg ke igd keluhan mual muntah trs tdk ada batuk tdk ada panas, lemas karena dehidrasi low intake + epic pain -+3minggu... Hasil lab di igd thorax kardiomegali tanpa bendungan paru, tdk tampak pneumoni/tb paru aktif, hasil lab, HB, LK, TR, UR, normal dok, kreatinin 2.6 colesterol tinggi, igg igm +, swab hasil negatif. Trs 3 hari lg ke igd msh mual muntah lemas, HB, LK, TR, UR NORMAL, KREATININ TURUN 2.1 , igg igm msh positif dan disuruh swab lg dok.
994 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi RF,Di tengah pandemi corona seperti sekarang ini, pemeriksaan rapid test atau swab antigen cukup mendukung untuk deteksi dini adanya infeksi virus corona, sehingga bila ditemukan hasil yang positif atau reaktif, tentunya diperlukan pemeriksaan lanjutan berupa PCR untuk menegakkan diagnosa COVID-19.

Beberapa gejala yang sering muncul pada infeksi virus corona:

  • Demam tinggi.
  • Batuk, pilek dan nyeri menelan.
  • Hilangnya indera penciuman.
  • Sesak napas.
  • Gangguan lambung berupa mual, muntah.
Bila ibu Anda memiliki hasil rapid tes IgM reaktif dan IgG reaktif artinya ibu Anda memerlukan pemeriksaan lanjutan PCR untuk memastikan ada tidaknya virus corona di dalam tubuh ibu Anda. Pemeriksaan rapid test secara berkala akan percuma saja karena antibodi akan menetap di dalam tubuh hingga 1 bulan lebih dan kemungkinan untuk hasil IgG akan menetap semur hidup sama seperti IgG reaktif pada penderita demam berdarah untuk menunjukkan seseorang sudah pernah terinfeksi demam berdarah di masa lalu.Lakukan karantina mandiri dan jaga daya tahan tubuh dengan baik. Yang perlu ibu Anda lakukan adalah rutin makan secara teratur, minum antacida bila mual, banyak minum air putih dan cukup tidur serta berjemur setiap pagi. Sebaiknya ibu Anda melakukan pemeriksaan PCR agar bisa ditegakkan diagnosa penyakitnya. Lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit untuk penanganan lebih lanjut.Salam sehat,dr. Vina
demamsesak napascoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil