15 Nov 2020, 09:52Kandungan

Apakah bisa hamil jika berhubungan setelah KB

AU
Info Penanya: AU0
halo dok saya mau tanya, saya baru pertama kali pake kb suntik 1 bln di tgl 7 November 2020 kemaren . kan harus ada jarak 1 minggu kata bidannya untuk berhubungan. nah baru tadi malem (14 november ) suami minta berhubungan dan gak sengaja keluarnya didalam.. aman gak ya dok??
206 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AU,KB suntik 1 bulan adalah metode kontrasepsi dimana diberikan penyuntikan hormon untuk mencegah terjadinya kehamilan. Pada 1 minggu pertama penyuntikan memang tubuh masih beradaptasi sehingga diperlukan tambahan kontrasepsi agar tubuh sudah benar-benar memiliki perlindungan untuk mencegah kehamilan.Jika berhubungan dan terjadi ejakulasi di dalam setelah 1 minggu suntik maka kemungkinan hamil kecil atau terjadinya kebobolan kecil. Jika ragu bisa coba diperhatikan, jika terlambat menstruasi bisa dilakukan pemeriksaan testpack dan perhatikan juga ada tidaknya tanda-tanda kehamilan yang terjadi.KB suntik 1 bulan sendiri juga bisa menimbulkan beberapa efek samping yang mirip dengan tanda hamil, jadi bisa dilakukan tes kehamilan agar tidak terkecoh. Beberapa efek samping KB suntik 1 bulan diantaranya adalah:
  • Menyebabkan gangguan siklus menstruasi
  • Menyebabkan perdarahan atau flek di luar menstruasi
  • Meningkatkan pertambahan berat badan
  • Menyebabkan sakit kepala
  • Menyababkan nyeri payudara
  • Memerlukan waktu untuk kembali subur setelah lepas KB
Untuk itu jika nantinya timbul efek samping yang dirasa mengganggu bisa coba dikonsultasikan agar bisa mengganti metode KB yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil