Nyeri perut bawah, sakit vagina, dan sering BAK. Kenapa?

YZ Info Penanya: YZ, Wanita, 1 Tahun
Hay dok. Saya mau tanya. Sudah 5hari saya sakit perut bagian bawah. Disertai mens tp tidak kluar hanya darah d dlm v ajh. Itu kenapa dok. Dan saya sempat tespek garis 2.saya cek dokter d usg tidak hamil. Dan saya buang air terus setiap 1jam sekali. Dan di sertai agak sakit dlm vagina nya... Mohon jawaban nya dok. Termakasihhh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YZ.

Nyeri adalah sensasi tidak nyaman yang pasti pernah dirasakan semua orang. Nyeri bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Pada kondisi yang Anda ceritakan, nyeri dirasakan di perut bawah. Nyeri tersebut bisa dirasakan seperti sensasi diremas, ditekan, atau ditusuk, yang bisa disebabkan oleh beberapa penyebab. 

Penyebab nyeri perut bawah di antaranya:

  • Berasal dari organ reproduksi wanita, misalnya pre-menstrual syndrome, kista ovarium, ancaman keguguran saat hamil muda, sampai hamil anggur. Biasanya nyeri yang berasal dari organ reproduksi wanita disertai dengan gejala lain, seperti perdarahan di luar siklus atau nyeri pada vagina.
  • Berasal dari kandung kemih, misalnya infeksi saluran kemih atau batu saluran kemih. Gejala lain yang menyertai adalah gangguan buang air kecil.
  • Berasal dari sistem pencernaan, misalnya peradangan usus buntu, diare, ataupun konstipasi

Lalu, terkait kondisi testpack namun tidak hamil, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal juga. Misalnya mengonsumsi obat-obatan yang mengandung hCG, baru keguguran, salah penggunaan alat tes kehamilan, atau kerusakan pada alat.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari nyeri perut bawah Anda yang disertai dengan gejala-gejala lainnya, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan atau dokter spesialis urologi. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, misalnya USG atau tes urine untuk mengetahui penyebab pastinya.

Sementara, jangan melakukan aktivitas yang melelahkan dan jangan berhubungan seksual dulu ya. Cukupi kebutuhan air minum harian Anda, dan selalu konsumsi makanan yang bergizi. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil boleh makan kepiting asal dimasak dengan matang dan dalam jumlah yang sedang

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting? Inilah Penjelasannya

Kepiting menjadi salah satu makanan laut yang banyak digemari. Namun, sebagian ibu hamil takut makan kepiting karena khawatir dapat membahayakan kandungannya. Sebetulnya, bolehkah ibu hamil makan kepiting?