Penjelasan eritrosit, leukosit, dan trombosit

AN* Info Penanya: AN*
Mengapa jumlah trombosit dan leukosit lebih sedikit daripada erotrosit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Eritrosit, leukosit, dan trombosit merupakan sel komponen darah. Sel darah ini memiliki fungsinya masing-masing. Eritrosit atau sel darah merah berfungsi sebagai pembawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Sel ini mengandung hemoglobin. Jumlah normal sel darah merah di dalam tubuh manusia berkisar 4,3-5,6 juta/mcl (pria) dan 3,9-5,1 juta/mcl (wanita). Jika jumlah eritrosit mengalami penurunan atau tinggi, maka ada terjadi sesuatu di dalam tubuh. 

Leukosit adalah sel darah putih yang terdiri dari neutrofil, limfosit, monosit, basofil, dan esosinofil. Sel ini berperan penting dalam melawan infeksi yang menyerang ke tubuh. Kadar normal leukosit yaitu 5.000-10.000 leukosit/mcl (pria) dan 4.500-11.000 leukosit/mcl (wanita). Jika leukosit mengalami peningkatan, maka itu menandakan terjadi infeksi di dalam tubuh. Biasanya karena infeksi bakteri. Jika leukosit turun, maka mengindikasikan adanya infeksi virus pada tubuh.

Trombosit sebutan lainnya adalah keping darah. Fungsinya adalah untuk menggumpalkan darah dan menghentikan perdarahan ketika terluka. Normalnya, trombosit berjumlah 150.000-400.000 keping darah/mcl. Jika trombosit mengalami penurunan dari jumlah normalnya, maka biasanya disebabkan karena trombosit mengalami kehancuran di dalam darah, hati dan limpa, penyakit autoimun, perawatan kanker, dan kerusakan sumsum tulang belakang. Jika mengalami peningkatan, maka biasanya disebabkan karena kondisi anemia hemolitik, kekurangan zat besi, infeksi, trauma, dan efek samping obat-obatan tertentu. 

Pada dasarnya, Tuhan sudah menciptakan jumlah eritrosit, leukosit, dan trombosit sedemikan rupa sesuai dengan kadar dan fungsinya masing-masing. Jadi, tidak menjadi masalah jika kadar eritrosit lebih tinggi dibanding kadar yang lain. 

Salam sehat,

dr. Ester

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Golongan darah seseorang ditentukan dari gen orangtua mereka

Harus Tahu, Ini Cara Mengetahui Golongan Darah Anda

Cara mengetahui golongan darah dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melalui ujung jari. Pengecekannya bisa melalui klinik ataupun rumah sakit.