Penderita gagal ginjal sering merasa nyeri pinggang, periksa kemana?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 1 Tahun
Halo dok, saya mau bertanya, saya pasien penderita gagal ginjal, akhir-akhir ini saya suka merasa sakit di daerah pinggang dan kadang rasa sakitnya suka pindah pindah dok, biasanya saya minum paracetamol 500mg dan memakai pronalges untuk meredakan nyeri yang saya rasakan. kalau sedang nyeri saya tidak bisa apa-apa dan menjadi sulit tidur setiap malam, kira-kira saya harus konsultasi ke okter ortopedi atau ke dokter syaraf ya dok ? terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BS,

Gagal ginjal adalah kegagalan organ ginjal untuk menjalankan fungsinya yaitu sebagai penyaring hasil metabolisme dan membuangnya melalui urine, mengatur tekanan darah, hormonal dan juga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Gagal ginjal sendiri bisa bersifat akut yang bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti keracunan, infeksi ginjal, cedera ginjal ataupun gagal ginjal kronis yang bisa disebabkan karena proses yang lebih panjang seperti misalnya karena penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, infeksi ginjal, batu ginjal dan lainnya.

Gagal ginjal kronis sendiri ada beberapa tingkat dimana jika mencapai tingkat 5 atau gagal ginjal tingkat akhir diperlukan cuci darah rutin untuk menggantikan fungsi ginjal yang sudah sama sekali tidak bisa bekerja.

Jika Anda memang penderita gagal ginjal, harus menghindari mengonsumsi obat tanpa pengawasan dokter terutama obat pereda nyeri, karena selain bisa memperberat kondisi gagal ginjal juga bisa berisiko gangguan hati.

Penyebab nyeri pinggang yang berpindah-pindah.

Dalam hal ini apabila ada nyeri pinggang bisa disebabkan oleh:

  • Gangguan ginjal itu sendiri
  • Gangguan tulang belakang
  • Gangguan otot ataupun gangguan persarafan
  • Peradangan sendi
  • Postur tubuh yang tidak baik saat beraktivitas
  • Penyebab lainnya

Jadi ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis saraf terlebih dahulu untuk dilakukan pemeriksaan baik wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen ataupun pemindaian dengan MRI jika diperlukan sebelum dilakukan penanganan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vidi aldiano sedang menjalani operasi kanker ginjal stadium 3 di Singapura

Vidi Aldino Didiagnosis Terkena Kanker Ginjal Stadium 3

Vidi Aldiano didiagnosis mengidap kanker ginjal stadium 3. Saat ini, ia sedang berada di Singapura untuk menjalani operasi pengangkatan kanker. Di akun Instagramnya, ia meminta maaf dan minta didoakan agar perawatannya berjalan lancar.