Apakah keputihan saat hamil normal?

IW Info Penanya: IW, Wanita, 37 Tahun
Dok, normalkah selama kehamilan keputihan, dr awal hamil sy keputihan dok smp skang ud hmil 7 bln...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IW, 

Keputihan adalah adanya cairan dari kemaluan yang sebenarnya memiliki fungsi untuk membantu membersihkan organ kemaluan dari sisa sel mati dan bakteri tetapi jika berlebih, berubah warna dan konsistensinya dan disertai gejala lain seperti nyeri perut, nyeri saat berkemih, adanya bercak darah maka merupakan keputihan yang tidak normal.

Begitu pula keputihan saat hamil, dimana ada perubahan secara hormonal maka keputihan bisa timbul lebih banyak dari biasanya. Tetapi perlu diperhatikan, jika ada tanda-tanda keputihan yang tidak normal tetap perlu diperiksakan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan sampel cairan keputihan untuk mengatahui apa penyebab keputihan saat hamil.

Penanganan sendiri juga akan diberikan sesuai dengan penyebabnya dimana jika ada infeksi bisa timbul karena infeksi bakteri, jamur ataupun parasit. Untuk sementara bisa bersihkan kemaluan dengan air hangat dan sabun biasa, hindari menggunakan sabun khusus karena juga bisa memicu pertumbuhan mikroorganisme penyebab keputihan. 

Jadi baiknya periksakan kondisi Anda pada dokter kandungan untuk memastikan penyebab dari keputihan tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan dapat diobat melalui obat keputihan di apotek

3 Jenis Obat Keputihan di Apotek yang Bisa Anda Pilih

Obat keputihan di apotek bisa berbentuk krim maupun tablet, beberapa di antaranya hanya bisa didapat dengan resep dokter.