24 Aug 2020, 09:41Kandungan

Bagaimana cara menghitung siklus haid?

GM
Info Penanya: GM0
mau nanya,saya umur 20thn.Beberapa bulan ini tgl haid tidak teratur kadang maju kadang mundur dan haidnya 1bln 2 kali awal sma akhir, misalnya juli 28 haid-3 agustus,nah bulan agustus tgl 22 nya haid lagi itu gimna ya ? Trus suka ngerasain sakit banget pernah nyampe pingsan/nangis nahan sakit. Dan biasanya kalau ngerasa sakit paling satu bulan sakit satu bulan nggk,tpi sekarang tiap bulan sakit dok.
9721 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, GTerima kasih atas pertanyaan AndaCara yang dilakukan utnuk dapat mengetahui siklus haid dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT) sampai dengan hari pertama haid pada periode berikutnya. Apabila julmlah hari pada siklus haid Anda berkisar antara 21 - 35 hari, maka kondisi tersbeut dikatakan normal. Karena setiap bulan memiliki jumlah hari yang berbeda, maka terkadang dalam 1 bulan bisa mengalami haid 2x (diawal bulan dan diakhir bulan). Apabila HPHT anda pada tanggal 28 Juli 2020, kemudian Anda mengalami haid kembali pada tanggal 22 Agustus 2020 maka dapat dihitung siklus adalah 26 hari (normal). Sedangkan lamanya haid pada wanita dikatakan normal bila terjadi 3 - 7 hari. Jika Anda haid pada tanggal 28 Juli 2020 dan selesai pada 3 Agustus 2020 maka dapat diitung Anda mengalami haid selama 7 hari (normal).Terkait dengan keluhan disminore (nyeri pada saat haid) bisa disebabkan oleh kondisi normal karena terjadinya kontraksi pada rahim akibat hormonal, atau bisa juga karena kondisi medis lain.

Adapun kondisi medis lain yang menyebabkan nyeri saat haid diantaranya adalah:

Jika rasa nyeri yang Anda rasakan dirasa semakin memberat hingga menggangu aktifitas sehari-hari segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat agar segera mendapatkan tatalaksana pengobatan yang sesuai.

Tips agar siklus haid lancar adalah:

  • Lakukan olahraga ringan secara rutin
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Hindari stres dan tidur dengan cukup
  • Jaga berat badan ideal
Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian 
siklus haidmenstruasisakit perutgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil