Menstruasi yang tidak teratur

MA Info Penanya: MA
Assalamualaikum dok, mau nanya setiap bulan aku selalu haid cuman tnggal nya gk tentu kadang dalam 2 bulan 2x haid awal sama akhir bulan terus bulan kemarin kn harus nya haid itu tanggal 28 mlh lebih awl ke tanggal 23 dari bulan januari sampai sekarang saya sering mual pagi hari dan sore hari kadang kalo lagi tidur suka kebangun karna tiba"mual, hari ini sudah ada bercak darah padahal kn baru tanggal 20.sempat di tes cuman kurang jelas hasil nya yg garis 1 merah yg satu nya pink muda.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Menstruasi yang tidak teratur merupakan suatu kondisi dimana siklus menstruasi seseorang tidak 28 hari. Siklus menstruasi yang umum terjadi pada wanita adalah 28 hari, tetapi ada juga yang siklus menstruasinya 21-35 hari, itu masih wajar. Faktor-faktor yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi terganggu yaitu stres, faktor biologis (faktor keturunan), penggunaan obat-obatan tertentu seperti pil KB, berat badan yang tidak normal, kondisi medis seperti PCOS, dan kehamilan.

Untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur, Anda dapat melakukan hal berikut ini:

  • Anda bisa mengonsumsi kayu manis, cuka apel, kunyit, jahe, dan nanas.
  • Melakukan yoga.
  • Melakukan olahraga yang teratur.
  • Menjaga agar berat badan tetap ideal.
  • Berhubungan seksual.
  • Konsumsi vitamin C.
  • Menggunakan pil kontrasepsi.

Kondisi yang Anda alami ini, kemungkinan penyebabnya bisa jadi karena salah satu yang sudah saya sebutkan diatas tadi. Tetapi, jika Anda mengeluarkan flek-flek dan melakukan testpack dengan hasil yang Anda sebutkan, kemungkinan Anda hamil. Untuk memastikannya, alangkah baiknya jika Anda melakukan testpack ulang sekitar lima hari lagi atau Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan langsung.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.