Tangan sering merasa kebas atau kesemutan dari tangan sampai siku, kadang sampai demam. Apa penyebabnya?

MK Info Penanya: MK, Wanita, 40 Tahun
Tangan saya sering merasa kebas atau seperti kesempatan dari telapak tangan sampai siku ,bahkan sy sempat sampai demam tinggi apa sebabnya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MK

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kesemutan di tangan, kaki atau keduanya adalah gejala yang umum. Lebih sering tidak berbahaya dan sementara. Misalnya akibat tekanan pada saraf ketika Anda tertidur dan menekan lengan Anda. Dengan melepas tekanan biasanya kesemutan langsung hilang. Namun bila disertai nyeri, baal, atau gatal bisa akibat adanya gangguan saraf akibat cedera atau gerakan berulang, infeksi virus atau bakteri, paparan zat toksik atau penyakit seperti diabetes, gangguan ginjal atau liver. Gangguan hormon pada wanita atau kekurangan vitamin juga bisa menjadi penyebabnya.

Sebaiknya dievaluasi dengan dokter untuk memastikan penyebabnya agar gejalanya tidak menjadi kronis. Bila disertai demam ada kemungkinan infeksi mungkin Anda memerlukan pemeriksaan laboratorium darah serta konsultasi dengan Dokter Spesialis Saraf. Berikut artikel mengenai kesemutan sebagai gejala neuropati yang bisa Anda baca.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

MK
16 Sep 2019, 04:56
Terimakasih dok atas jawaban ya ,
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masuk angin biasanya dirasakan ketika seseorang terkena virus dan merasa tidak enak badan

Cara Mengatasi Masuk Angin yang Tepat? Dengarkan Sinyal Tubuh Anda

Perut kembung, mual, demam, dan tidak enak badan merupakan gejala masuk angin. Cara mengatasi masuk angin berakar dari bagaimana Anda mendengarkan sinyal dari tubuh.