Tangan sakit saat ditekuk, apakah patah tulang?

L Info Penanya: L, Wanita
Dok, saya siswa berusia 15 tahun. Beberapa hari lalu, tangan saya sempat sakit kalau ditekuk, tapi kalau saya tekuk perlahan, biasanya tidak terlalu sakit, dok. Lalu, ibu saya pijat pelan-pelan untuk tangan saya itu dan seperti membaik. Tapi kemudian saat bangun tidur, tangan saya terasa sangat kaku dan semakin sakit. Apakah saya harus periksa ke dokter ya, dok? Saya takut patah tulang, dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Cedera pada tangan bisa mulai dari otot, ligamen, tendon hingga yang melibatkan tulang dimana semuanya menyebabkan rasa nyeri namun dengan intensitas nyeri yang berbeda-beda tingkatannya ketika tangan ditekuk. Bila tidak ada riwayat trauma seperti terjatuh atau tertimpa, terutama pada usia muda, tampaknya sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi patah tulang.

Pada cedera otot, ligamen dan tendon biasanya akan terasa nyeri bila tangan digerakkan, namun bila tangan dalam kondisi diam, biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri ataupun hanya muncul keluhan nyeri ringan.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah :
  1. Kompres menggunakan es batu, keesokannya ganti dengan kompres air hangat. 
  2. Istirahatkan tangan yang sakit.
  3. Minum paracetamol untuk meredakan nyeri.

Namun bila hal ini berlangsung terus atau muncul bengkak dan semakin nyeri, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter tulang untuk penanganan lebih lanjut berupa foto rontgen.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memar tulang dapat sembuh sendiri

Apakah Ada Obat Memar Tulang yang Manjur?

Memar identik dengan warnanya yang biru-kehitaman, tetapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa mengalami memar di tulang? Memar tulang dapat terjadi ketika ada cedera pada permukaan tulang. Faktanya, dokter tidak akan memberikan obat memar tulang tertentu dan biasanya hanya menyarankan penderita untuk mengompres daerah memar tulang dengan kantongan es batu.