29 Dec 2019, 19:02Kandungan

Apa penyebab tangan terasa kebas dan nyeri?

BM
Info Penanya: BM, Wanita, 36 Tahun
Hallo dok saya 36 tahun sya lagi hamil anak pertama usia kehamilan saya 8 bualn saya mau tanya kenap ya belakangan ini tangan kanan sayau suka berasa kebas dan nyeri... Dan berasa seolah olah bengkak tp GK bengkak sebenarnya, cuamn berasa aneh aja dan rasa nyeri di bagian pergelangan ke atas, udah tak coba tak pijat pijat tp tetep aja. Kl di kepal kepal rasanya baal. Beberapa waktu lalu pernah juga berasa kebas dan nyeri tp, sekejap saya tp sekarng udh 2 hari GK hialang2 terimakasih
61004 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat pagi, BTerimakasih atas pertanyaan Anda. Tangan kebas merupakan kondisi yang disebabkan adanya kerusakan saraf, iritasi, ataupun tekanan pada saraf yang terbentang di tangan. Tangan kebas dan kesemutan biasanya dipengaruhi oleh struktur pergelangan tangan, kerusakan saraf, peradangan, pekerjaan, obesitas, menopause, gangguan tiroid, dan kehamilan. Keadaan ini lebih sering dialami oleh perempuan. Ada beberapa penyebab yang membuat tangan terasa kebas dan kesemutan (parestesia).

Penyebab tangan kebas dan kesemutan:

  • Carpal tunnel syndrome (CTS): keadaan dimana saraf medianus terjepit di terowongan carpal (pergelangan tangan). Gejalanya yaitu tangan terasa kebas dan kesemutan yang menjalar ke ujung-ujung jari dan dirasakan hilang timbul, terkadang intensitasnya semakin sering.
  • Neuropati: kondisi dimana adanya penekanan pada saraf ulnar atau radial yang ada di dalam tangan sehingga membuat tangan menjadi kebas dan kesemutan. Kondisi neuropati perifer juga bisa menimbulkan gejala tangan kebas, nyeri dan biasanya neuropati perifer ini disebabkan karena konsumsi alkohol, diabetes melitus, dan usia.
  • Defisiensi vitamin B12: kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan tangan sering kebas, kesemutan, dan kelemahan otot.
  • Rheumatoid arthritis: penyakit autoimun yang membuat radang sendi sehingga terjadi pembengkakan pada sendi tangan yang akan menimbulkan rasa kebas, kesemutan, dan juga nyeri pada tangan.
  • Fibromialgia: gangguan pada otot yang berlangsung selama bertahun-tahun.
  • Sindrom nyeri myofascial: kondisi nyeri kronis yang menyerupai fibromialgia. Biasanya tangan akan terasa kebas disertai dengan nyeri.
Walaupun rasa kebas dan kesemutan dirasakan di daerah tangan, tapi penyebabnya bisa saja dari daerah pundak dan leher. Untuk itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan Anda mengenai gejala yang Anda alami ini. Jangan minum obat sembarangan dulu karena Anda sedang hamil. Usahakan untuk melakukan pergerakan ringan di area tangan agar rasa kebas, kesemutan, dan nyeri yang Anda rasakan berkurang sedikit demi sedikit.Salam sehat,dr. Ester
masalah sarafpenyakit tanganparestesia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil