Tangan panas akibat cabai, bagaimana cara mengetahuinya?

FM Info Penanya: FM, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau tanya gimana caranya ngilangi panas pada tangan akibat cabe
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FMA

Kulit Anda mengalami iritasi dan radang akibat cabai. Dalam bahasa medis disebutnya dermatitis kontak. Kulit akan menjadi kering dan iritasi sehingga penyebabnya harus dihindari agar tidak terulang kembali. Iritasi akan menyebabkan rasa terbakar, sakit dan gatal. 

Penyebabnya bisa karena reaksi alergi yaitu suatu zat menyebabkan sistem kekebalan tubuh merespon terhadap kulit. Bisa juga reaksi iritasi yaitu suatu zat yang merusak lapisan paling luar dari kulit. Selain karena cabai bisa juga karena sabun, detergen, pelarut atau zat kimia lainnya.

Untuk mengatasinya bisa dibaca secara lengkap di Pilihan Obat Gatal untuk Dermatitis Kontak yang Mengganggu. Untuk mencegahnya agar tak terulang Anda harus membersihkan kulit yang terpapar segera dengan air hangat. Menggunakan sarung tangan bila terpapar zat kimia tertentu. Menghindari produk yang menyebabkan iritasi kulit. Serta memakai pelembab.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit kemerahan, pecah-pecah karena kering merupakan tanda dan gejala dermatitis kontak.

Pilihan Obat Gatal untuk Dermatitis Kontak yang Mengganggu

Dermatitis kontak adalah penyakit kulit akibat iritasi zat di kulit yang memicu reaksi alergi. Obat gatal untuk dermatitis kontak adalah obat antihistamin.