Tangan merasa kesemutan atau terasa seperti disengat lebah setelah memegang hp, sakit apa itu?

IJ Info Penanya: IJ, Wanita, 16 Tahun
Dok Tangan saya Sehabis memegang hand phone Bagaikan Di kerumuni Lebah atau Bagaikan Di penuhi sterum tpi hanya Ada Di telapak Tangan, knp ya Dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam IJ,

Carpal tunnel syndrom disingkat CTS adalah radang pada saraf dikarenakan adanya penjepitan saraf pada daerah tangan. Keluhan yang dirasakan adalah nyeri, kesemutan dan kebas. Kelainan ini disebabkan karena seringnya menggunakan tangan pada posisi yang sama untuk waktu yang lama. 

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala adalah

  1. Menggunakan penyangga pergelangan tangan atau Wrist support.
  2. Merelaksasikan tangan terutama pekerja yang frekuensi aktifitasnya lebih banyak menggunakan tangan atau jari tangan semisal pekerja kantor sering mengetik atau pekerja pabrik bagian packing barang.
  3. Sering dan rutin berolahraga.
  4. Minum makanan yang bergizi dan hindari junk food
  5. Minum suplemen yang mengandung vitamin terutama vitamin B.

Bersama ini saya sertakan artikel Cara efektif mengatasi carpal tunel syndrome untuk menambah wawasan Anda. Sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter spesialis saraf agar mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

73% penderita neuroma akustik dilaporkan mengalami gejala telinga berdengung terus-menerus

Telinga Berdengung Terus, Salah Satu Gejala Tumor Neuroma Akustik

Neuroma akustik adalah tumor jinak yang tumbuh di saraf yang menghubungkan telinga ke otak. Walaupun langka, tumor ini dapat menyerang siapa saja, termasuk pada lansia. Neuroma akustik memiliki gejala berupa telinga berdengung terus-menerus, vertigo, dan kehilangan pendengaran sebelah.