Tangan kiri mulai kram diawal dengan pembesaran di payudara

AP Info Penanya: AP, Wanita, 2019 Tahun
Selamat siang dokter...Saya ingin bertanya... Tangan kiri saya (antara payudara bagian samping dan ketiak turun sampai ke jari-jari tangan) itu sudah lama kram... Dan dalam payudara ada semacam daging ngumpul kek batu keras hanya saja modelnya tdk seperti kelereng.. Kalau saya pegang juga gak sakit hanya saja tangan saya kram.. Yang ingin saya tanyakan apakah ini penyakit yang serius atau bukan dokter..?? Soalnya saya takut tangan kram ini menuju gejala payudara..Mohon penjelasannya...Terimakasih dokter..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AP

Terimakasih atas pertanyaannya.

Bagus sekali anda dapat mendeteksi suatu pembesaran di dalam payudara. Itu adalah langkah awal dalam mendiagnosa suatu gangguan secara dini. Berapakah usia anda? Apakah anda menstruasi dengan teratur? Apakah anda sudah menikah? Apakah anda menggunakan suatu metode kontrasepsi hormonal? Itu adalah beberapa pertanyaan yang perlu anda berikan saat anda melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter.

Kemungkinan kram tersebut disebabkan karena terjepitnya saraf atau saluran kelenjar limfe akibat pembesaran di payudara. Sehingga mengakibatkan kram, bisa juga terasa pegal dan ngilu. Karena penyebabnya perlu dipastikan terlebih dahulu anda hanya bisa melakukan perawatan dengan kompres hangat dan lengan kiri anda lebih banyak digerakkan untuk membantu melancarkan aliran darah dan limfe. 

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa enggan pipis di toilet umum bisa jadi salah satu pemicu susah buang air kecil

Sudah Kenal dengan Manfaat Tahu Dalam Mencegah Penyakit?

Makanan yang sangat populer di Indonesia ini tergolong murah dan kaya nutrisi. Cukup banyak manfaat tahu bagi kesehatan berkat kandungan protein, kalsium, dan antioksidannya. Mulai dari turunkan risiko sakit jantung, kanker payudara, hingga diabetes.