Penyebab bahu sakit dan pegal

DS Info Penanya: DS, Pria, 1 Tahun
Assalamualaikum dok. Saya dani 23th. Dok, tangan kiri saya terasa lemah. Bagian bahu kiri belakang rasanya pegel banget. Bagian siku kalo dilurusin terasa nyeri, nyetrum sampe ke jari jari dok.. Tulang bagian lengan ngilu juga.. Udah konsultasi ke dokter terdekat belum ada perubahan.. Kira kira itu penyakit apa dok? Dan apa obatnya? Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bahu yang sakit dapat mengambat aktivitas Anda untuk bergerak bebas dan melakukan aktivitas sehari-hari. Kondisi ini terjadi pada semua kalangan dan tidak mengenal umur. Terkadang rasa sakit di bahu bisa merambat hingga ke tangan dan ujung-ujung jari tangan sehingga menyebabkan gejala kesemutan, nyeri yang menjalar, dan kelemahan. Ada beberapa penyebab bahu terasa pegal dan sakit. 

Penyebab bahu terasa pegal dan sakit:

  • Pemakaian yang berlebihan akibat pekerjaan yang berat seperti membawa beban berat, olahraga, dan mencangkul. Keadaan seperti ini jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan jaringan halus di dalam bahu lebih muda aus dan muncul kondisi tendinitis. Terkadang bisa juga muncul kondisi meradang di persendian bahu yang disebut bursitis. 
  • Keseleo merupakan kondisi dimana terjadinya robekan di ligamen atau otot di persendian bahu. Penyebabnya biasanya karena hantaman langsung pada bahu. 
  • Dislokasi bahu (tulang di daerah persendian bahu keluar dari soketnya).
  • Frozen shoulder. Kondisi dimana terjadi penebalan dan pembengkakan dari jaringan di sekitar bahu sehingga membuat bahu tidak bisa bergerak bebas dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 
  • Osteoarthritis adalah pengapuran sendi. Terjadinya pengapuran sendi bisa menyebabkan bahu sakit. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan langkah-langkah ini: 

  • Istirahatkan bahu dan tangan dalam kurun waktu 48 jam. Jangan beraktivitas berat dulu. 
  • Kompres dengan es di daerah yang sakit.
  • Lakukan pembebatan di sekitar bahu.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol.

Jika tidak ada perubahan, Anda bisa periksa ke dokter ortopedi agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan x-ray sehingga didapatkan penyebabnya karena penyakit apa dan mendapatkan terapi yang sesuai dengan penyakitnya.

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Risiko cedera akibat olahraga cukup banyak

7 Cedera Olahraga Paling Umum yang Harus Diwaspadai

Bagi sebagian orang, olahraga merupakan aktivitas untuk menghilangkan penat, mengembalikan mood, dan menyegarkan badan. Sayangnya, ada risiko cedera yang mengintai.