Kenapa Tangan Saya Kesemutan?

LP Info Penanya: LP, Wanita, 23 Tahun
Selamat malam dok saya mau tanya saya ada keluhan jari tangan kiri kesemutan terus menerus dan sudah saya alami ada 3bulan belakangan ini dari usia kehamilan saya 8 bulan dan sekarang sudah lahiran anak saya udh 3 minggu, saya fikir hormon ketika hamil tp sampai sekarang kesemutan nya masih berlanjut bahkan menyambung hingga ke jari tangan kanan saya kini sudah mulai kesemutan, mohon penjelasan nya ya dok sebenarnya tangan saya ini kenapa dan penyebab serta cara atasinya bagaimana. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, LP

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Tangan kesemutan tentunya akan membuat tidak nyaman. Kesemutan adalah kondisi dimana anggota tubuh mengalami panas, geli atau kebas yang dibarengi dengan rasa seperti ditusuk-tusuk jarum. Dalam istilah medis, kesemutan disebut sebagai parestesia.

Kondisi ini terjadi saat saraf-saraaf dibagian tubuh tertentu tertekan dalam waktu yang cukup lama, sehingga aliran listrik pada saraf tersebut terhambat. Kesemutan bisa terjadi pada bagian tubuh mana pun, terutama kaki, lengan atau tangan. Selain karena penekanan syaraf, kesemutan pada tangan atau bagian tubuh lainnya juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit.

Beberapa penyakit atau gangguan yang dapat menyebabkan kesemutan di tangan kanan :

Tips cara mengobati kram tangan :

  • Istirahatkan tangan
  • Regangkan tangan
  • Banyak minum air putih
  • Asupan Magnesiun dan Kalsium
  • Olahraga

Namun bila kram ditangan Anda tidak juga sembuh, segera kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan sistem saraf pusat dapat memicu terjadinya kesemutan di kepala

Jangan Sepelekan Kesemutan di Kepala, Ini Alasannya

Kesemutan di kepala terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat. Penyebabnya adalah stres, migrain, diabetes, stroke, sinusitis dan lainnya.