Kenapa tangan saya sering gemetaran?

L Info Penanya: L
Hallo dok,saya mau tanya..kenapa ya tangan saya selalu gemetaran sebelah kanan.. apa saya ada sakit jantung ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Setiap orang pasti pernah mengalami tangan gemetaran. Tangan gemetaran umumnya disebabkan oleh adanya gangguan pada otak yang mengontrol pergerakan tubuh. Pada keadaan medis biasa disebut dengan tremor. Bisa disebabkan oleh beberapa penyebab diantaranya kecemasan, terlalu banyak konsumsi kafein dan alkohol, kekurangan gula, kekurangan vitamin B1 dan magnesium, gangguan kelenjar tiroid, tremor essensial, penyakit parkinson, multiple sclerosis (MS) dan faktor genetik.

Keluhan tangan gemetar perlu diwaspadai jika semakin parah ketika saat sedang beristirahat, terjadi berkepanjangan dan mengganggu aktifitas sehari-hari, diiringi gejala lain seperti lemas, sakit kepala, gerakan lidah tidak normal otot menjadi kaku. 

Untuk memastikan diagnosis pastinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti cek darah, urine, CT scan, MRI atau EMG (pemeriksaan saraf otot) atau EEG ( pemeriksaan listrik otak). Pengobatan yang biasanya diberikan adalah obat golongan beta-blokers, obat anti kejang dan obat penenang. Saran saya Anda dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter syaraf untuk memastikan diagnosis dan terapi Anda.

Semoga bermafaat, 

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Arti kedutan pada hidung di antaranya adalah Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Ini Penyebab dan Arti Kedutan di Hidung yang Harus Diketahui

Kedutan di hidung sebenarnya merupakan kontraksi otot. Namun karena sering terjadi, kondisi ini kerap dikaitkan dengan mitos tertentu. Padahal, ada arti kedutan di hidung dari sisi ilmiah, lho!