Bintik-bintik berair dan gatal pada tangan

D Info Penanya: D
Dok tangan saya bintik2 isi air dan gatel banget setiap malem dan pagi bru bgn tdr, trs saya kasi bedak trs dia kering sampai kukit kering banget hingga luka2 kecil saking kering nya, lalu tiba tiba muncul bintik2 kecil2 lagi yg isi air, knp ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bintik-bintik berair merupakan gangguan atau kelainan kulit yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Tekanan atau jepitan, gesekan yang terjadi terus-menerus dan suhu yang ekstrim pun dapat memicu gangguan kulit tersebut.

Selain itu, terapat pula beberapa penyakit yang dapat menyebabkan timbulnya bintik-bintik berair, diantaranya adalah :

  • cacar air (infeksi virus)
  • pemfigoid bulosa (kelainan kulit yang disebabkan oleh autoimun)
  • impetigo (infeksi bakteri)
  • herpes (infeksi virus)
  • eksim (radang kulit/dermatitis)
  • dishidrosis (salah satu jenis radang kulit/dermatitis)

Terkait dengan keluhan Anda, beberapa penyakit kulit diatas mungkin menyebabkan kelainan kulit yang Anda alami, akan tetapi, perlu diperiksakan lebih lanjut untuk memastikan diagnosis dan penyebab pastinya. Karena Anda telah mencoba menangani kelainan kulit tersebut namun keluhan tersebut timbul kembali, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter Spesialis Kulit agar pengananan yang diberikan sesuai dengan diagnosis dan penyebabnya.

Untuk sementara Anda dapat mencoba menggunakan lotion kalamin untuk membantu meredakan gatal dan mencegah kekeringan kulit yang terjadi setelah bintik-bintik berair pecah. Hindari memecahkan bintik berair dengan sengaja, serta hindarilah mengelupaskan kulit kering yang terbentuk setelah bintik-bintik pecah untuk mencegah luka dan infeksi sekunder.

Berikut saya lampirkan artikel terkait "faktor penyebab timbulnya bintik-bintik berair" sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi mata ikan dilakukan untuk menghilangkan mata ikan

Ini Prosedur Operasi Mata Ikan yang Perlu Diketahui

Operasi mata ikan dilakukan untuk mengobati penyakit tersebut. Prosedur ini diawali dengan pembersihan kulit, pembiusan, dan pengangkatan mata ikan.