Tangan gatal keluar cacing kecil, apa berbahaya?

DG Info Penanya: DG, Wanita, 1041 Tahun
Dokter saya mengalami gatal dan bintik berair dan aneh nya saya habis mencuci baju pas selesai saya berjemur tangan saya keluar cacing seperti ampas kelapa parut berbahaya kah ini dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DG,

Adanya ruam gatal pada kulit dan berair, lalu jika di tekan keluar seperti putih atau seperti ampas kelapa, tidak selalu karena cacing. Bisa karena infeksi kulit karena bakteri yang menyebabkan adanya pus atau nanah. Dimana kalau ada nanah kental dan ditekan, bisa tampak panjang dan menyerupai cacing.

Infeksi cacing di kulit atau cutaneus larva migran sendiri ditandai dengan rasa gatal di permukaan kulit dan tampak kemerahan seperti jalan masuknya larva cacing tersebut pada kulit.

Apabila terdapat infeksi kulit, baiknya periksakan diri pada dokter. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat, sesuai dengan jenis infeksinya.

Sementara bisa dilakukan beberapa hal yaitu:

  • Jaga kebersihan kulit
  • Jaga bintik air tersebut agar tidak dipecahkan agar tidak memicu infeksi
  • Hindari sembarangan menggunakan obat atau salep
  • Jika gatal bisa minum obat seperti chlorpheniramine maleat atau gunakan losion calamin

Beberapa infeksi kulit bisa diatasi dengan pemberian obat baik obat minum atau obat oles. Tapi jika ada infeksi bisa dilakukan tindakan untuk mengatasi infeksinya lalu dilanjutkan dengan pemerian obat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan obat oles merupakan cara mengobati herpes yang dinilai cukup efektif

Beragam Cara Mengobati Herpes Simplex Tipe 2 yang Tepat

Penyakit kulit herpes simplex tipe 2, merupakan salah satu penyakit menular seksual yang sering terjadi. Meski tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, namun cara mengobati herpes yang tepat, dapat membantu meredakan gejala yang dirasakan, serta mempersingkat masa aktif virus.