Tangan dan kaki gemetar apa akibat sering onani?

BR Info Penanya: BR, Pria, 21 Tahun
Dok saya mau tanya, kenapa kaki dan tangan saya suka gemetar saat mengangkat benda benda berat, dan kalau saya lagi gugup menulis saja tangan saya gemeteran. Tolong jawab dok ini kenapa, padahal umur saya msh 21thn, apakah keseringan onani? Terima kasih sebelumnya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi BR,

Onani adalah aktivitas seksual yang dilakukan dengan cara merangsang diri sendiri untuk mendapatkan kepuasan seksual. Sebenarnya hal ini bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur selama frekuensinya tidak berlebihan. Bila frekuensinya berlebihan maka akan menimbulkan kecanduan dan keluhan-keluhan negatif lainnya.

Dampak negatif akibat onani berlebihan:

  • Kurang konsentrasi, karena pikiran selalu terfokus ingin melakukan onani. Bila onani tidak dilakukan maka tubuh akan merasa gelisah.
  • Trauma pada kelamin.
  • Menutup diri dan menjauhkan diri dari lingkungan sekitar.

Benda yang Anda angkat seberat apa? Badan yang gemetaran saat mengangkat beban berat bisa karena memang bebannya sangat berlebihan sehingga tidak sanggup mengangkatnya, atau kurang/ belum makan sehingga tidak ada tenaga untuk mengangkatnya. Dan wajar saja jika seseorang gugup, cemas, maka dada akan berdebar dan tangan gemetaran.

Sebaiknya cari kegiatan positif yang bermanfaat seperti olahraga, membaca buku, bersosialisasi dengan orang lain untuk menghindarkan diri dari kecanduan onani. Bila Anda kesulitan mengendalikan diri, maka lakukan konseling dengan psikolog untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh BR
12 Sep 2020, 12:16
terima kasih dok atas jawabannya,mau tanya dok, obat supaya tidak gemetar apa dok? makasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
13 Sep 2020, 07:49
Selamat pagi, BR
Untuk mengatasi gemetar, perlu diketahui penyebab gemeter terlebih dahulu, apakah karena kelelahan, kurang istirahat, melakukan aktifitas berat, kecemasan, ataukah karena kurnag mencukupi kebutuhan nutrisi harian.
Untuk itu disarankan sebaiknya Anda mengonsumsi makanan sehat bergizi, perbanyak sayur dan buah, konsumsi susu, beristirahat dengan baik, dan minum air 7-8 gelas perhari.
Bila keluhan ini tidak membaik, lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala OCD dapat dikurangi dengan psikoterapi dan medikasi

Pilihan Cara Menyembuhkan Penyakit OCD yang Tepat

Penyakit OCD adalah gangguan mental yang membuat penderitanya melakukan suatu hal secara berulang. Gejalanya dapat dikurangi dengan psikoterapi dan medikasi.