Tanda-tanda penurunan curah jantung, apakah harus segera ditangani?

IP Info Penanya: IP, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya.. Apakah tanda-tanda jika terjadi penurunan curah jantung? Apakah benar harus segera ditangani? Bagaimana cara menyembuhkan jika terjadi penurunan curah jantung?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, IPB

Terima kasih atas pertanyaannya.

Curah jantung atau dalam bahasa medis Cardiac Output. Ditentukan dari jumlah detak jantung dan isi volume jantung dalam satu menit. Sepertinya bapak memahami biologi sedikit ya. Cara mengukur curah jantung paling mudah dengan mengukur tekanan darah.

Sehingga gejalanya tekanan darah rendah / hipotensi, lemas, bingung, mengantuk, keringat dingin, sesak nafas dan pucat. Karena curah jantung berkurang sehingga kebutuhan oksigen tubuh tidak terpenuhi. Karena kekurangan oksigen maka kesadaran bisa menurun dan potensial berbahaya.

Untuk meningkatkan curah jantung maka tubuh anda akan mengantisipasinya dengan meningkatkan detak jantung anda. Selain itu ada teknik yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan tekanan darah secara alami. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung untuk evaluasi lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Apel merah merupakan salah satu makanan untuk kesehatan jantung

Rayakan Hari Jantung Sedunia dengan Makanan untuk Kesehatan Jantung Ini

Hari Jantung Sedunia, yang diperingati tiap 29 September, dapat menjadi refleksi bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan jantung. Gaya hidup, termasuk pola makan, memegang peranan penting untuk menghindarkan Anda dari penyakit jantung. Berikut ini beberapa makanan untuk kesehatan jantung, yang sangat dekat dengan Anda.