Tanda-tanda kehamilan

EA Info Penanya: EA, Pria, 19 Tahun
Dok saya mau tanya .. Bulan mei tanggal 15 itu awal mensnya dan hari terakhir mens ada ditanggal 18 sudah bersih .. Sekarang saya telat haid dok .. Saya test ternyata hasilnya positif ... 2 minggu kemudian saya cek ke Dr spesialis kandungan di usg katnya masih belum klihatan masih berupa titik kecil banget ...Tapi sampai saat ini saya ga pernah merasakan mual pusing paling2 hanya merasakn lelah sembelit payudara tegang dan sensitif .. Itu gimana ya dok .. Kalau liat orang2 hamil pada umumnya kan mereka mual2 pusing lemes dll .. Mohon bantuan nya dok makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EA.

Kehamilan merupakan sesuatu yang membahagiakan bagi pasangan yang ingin segera memiliki anak. Selain dengan tes kehamilan (test pack), bisa dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan seorang wanita hamil. 

Saat seorang wanita hamil akan timbul berbagai macam gejala yang dapat dirasakan olehnya karena pengaruh hormonal. Gejala yang dirasakan antara lain :

  • Amenorea/tidak haid atau terlambat haid
    Umur kehamilan dapat dihitung dari tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT) 
  • Mual dan muntah, biasanya terjadi pada bulan-bulan pertama kehamilan hingga akhir
    triwulan pertama. Sering terjadi pada pagi hari, maka disebut morning sickness
  • Mengidam, ibu hamil sering meminta makanan / minuman tertentu terutama pada bulan-bulan triwulan pertama, tidak tahan suatu bau-bauan.
  •  Pingsan, bila berada pada tempat-tempat ramai yang sesak dan padat bisa pingsan
  • Anoreksia/tidak napsu makan, hanya berlangsung pada triwulan pertama kehamilan kemudian nafsu makan timbul kembali.
  • Kelelahan/fatigue
  • Payudara membesar, tegang dan sedikit nyeri disebabkan pengaruh estrogen dan progesteron
  • Sering buang air kecil, sering terjadi karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang membesar. Gejala ini akan hilang pada triwulan kedua kehamilan.
  • Konstipasi/susah buang air besar, konstipasi terjadi karena tonus otot usus menurun oleh pengaruh hormon steroid.
  • Pigmentasi kulit/ kulit terlihat gelap. Pigmentasi kulit oleh pengaruh hormon kortikosteroid plasenta, dijumpai di muka (Chloasma gravidarum), areola payudara, leher dan dinding perut (linea nigra=grisea).
  • Epulis atau dapat disebut juga hipertrofi dari papil gusi.
  • Pemekaran vena-vena (varises). Terjadi pada kaki, betis dan vulva. Keadaan ini biasanya dijumpai
    pada triwulan akhir.

Namun tidak semua gejala diatas dijumpai pada setiap ibu hamil. Anda tidak perlu merasa cemas, nikmati masa kehamilan anda dengan perasaan senang,hindari stress, konsumsi makanan sehat, minum vitamin yang diberikan dokter, konsumsi buah-buahan, jangan merokok, minum alkohol, jangan minum obat atau jamu tanpa konsultasi dengan dokter, istirahat yang cukup, jangan terlalu capek, dan kontrol teratur ke dokter spesialis kandungan/bidan.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah gangguan yang kerap terjadi pada ibu hamil

Berikut Penyebab Tekanan Darah Rendah Selama Kehamilan

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah kondisi normal pada 24 minggu pertama kehamilan dan tidak menyebabkan masalah. Namun, jika tekanan darah normal kurang dari 120/80 mmHg dapat menyebabkan pusing, mual, hingga pingsan.