24 Mar 2021, 15:17Kandungan

Apasaja tanda pasti dari kehamilan?

FM
Info Penanya: FM0
Dok saya berhubungan seks dg pasangan saya tgl 14 Feb, terus pada tgl 18 Feb pasangan saya mengalami haid. setelah itu tgl 3 Maret pasangan saya keluar bercak sprti implantasi, dan pada bulan Maret ini pasangan saya masih belum haid padahal sdh lewat tanggalnya, tapi waktu ditespek 3x hasilnya negatif. terus baru2 ini pasangan saya mengalami keputihan yg mirip tanda2 hamil, dan juga mengalami tanda2 hamil lainnya sprti perubahan bentuk tubuh. yg saya mau tanyakan apakah pasangan saya ini hamil?
170 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, FTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid setelah berhubungan seksual seringkali dianggap karena kehamilan, padahal selain kehamilan kondisi ini juga bisa terjadi dipengaruhi oleh faktor-faktor yang bisa menyebabkan terlambat haid. Perlu diketahui beberapa tanda-tanda pasti dari kehamilan. Agar bisa memastikan apakah Anda sedang hamil ataukah tidak.

Berikut ini adalah beberapa tanda pasti dari adanya kehamilan:

  • Hasil pemeriksaan fisik dan diagnostik yang dilakukan oleh dokter kandungan
  • Hasil pemeriksaan menggunakan alat scanning yaitu USG kandungan
  • Hasil dari tes kehamilan baik yang dilakukan di laboratorium ataupun dilakukan mandiri dengan test pack
Perlu diketahui walaupun banyak terjadi pada awal kehamilan, namun keluhan terlambat haid, mual, keputihan, nyeri perut, mudah lelah dan lain sebagainya bukanlah tanda pasti dari adanya kehamilan. Terkait dengan apa yang terjadi pada pasangan Anda, apabila ada riwayat melakukan hubungan seksual alangkah baiknya untuk melakukan tes kehamilan dan pemeriksaan dokter untuk memastikan apakah terlambat haid yang terjadi ini karena hamil ataukah karena penyebab lain seperti stres, kelelahan, gangguan hormon, PCOS, masalah kesehatan organ reproduksi dan lain sebagainya. Untuk itu segeralah lakukan konsultasi dan periksa ke dokter spesialis kandungan terdekat. Usahakan tetap konsumsi makanan yang bergizi, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup, jaga kebersihan area kewanitaan, hindari seks bebas, dan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat dan bugar.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhubungan seksualhamilhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil