Bagaimana cara menghilangkan tanda lahir?

KA Info Penanya: KA
Dok. Apakah tanda lahir bisa hilang secara alami tnpa hrus tindakan leser? Mhon informasinya dok? Trma ksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Tanda lahir atau yang dinamakan bercak mongol adalah tipe tanda lahir yang disebabkan akibat sel pigmen yang terdapat pada kulit. Sel pigmen tersebut terperangkap di lapisan dalam kulit sehingga terlihat seperti warna agak kehitaman, coklat, atau bahkan abu kebiruan. Lokasi munculnya tanda lahir bisa di bagian tubuh mana saja, seperti di punggung, bokong, tangan, kaki, dan  juga wajah. Pada beberapa orang, ada yang merasa terganggu dengan munculnya tanda lahir sehingga ingin dihilangkan.

Cara menghilangkan tanda lahir yaitu dengan laser. Tindakan ini dinilai sangat efektif untuk menghilangkan tanda lahir secara total. Sebaiknya, melakukan tindakan ini sebelum usia 20 tahun. Cara yang lain adalah dengan mengkombinasikan tindakan laser dengan krim pengelupas kulit yang bisa didapatkan dari dokter kulit. Selain itu, pada beberapa kasus tanda lahir yang sulit dihilangkan dengan laser, bisa dengan metode penyinaran IPL (intense pulsed light).

Sejauh ini belum ada bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan tanda lahir. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit agar dapat diperiksa secara langsung dan diberikan terapi yang tepat untuk menghilangkan tanda lahir Anda ini.

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hemangioma dapat sembuh dan hilang dengan sendirinya tanpa perlu penanganan khusus

Apakah Penyembuhan Hemangioma Dapat Terjadi dengan Sendirinya?

Hemangioma merupakan sebuah kelainan pembuluh darah pada kulit. Penyembuhan hemangioma berlangsung dengan sendirinya, tetapi beberapa kasus tidaklah demikian.