Tanda keputihan yang berbahaya.

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Selamat pagi dokter. saya ada keputihan cair gitu dan baunya tidak sedap. sering ngerasain gatel juga. penyakit apa ya dokter? soalnya katanya keputihan itu normal tapi kok punya saya berbau gitu.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Keputihan merupakan kondisi dimana keluar cairan dari vagina yang bisa normal akibat kondisi masa subur,  menjelang haid, atau kehamilan dengan ciri-ciri berwarna putih bening, tidak gatal, serta tidak berbau. Namun keputihan juga bisa tidak normal bila keputihan disertai dengan perubahan warna mulai dari putih susu, kuning kehijauan, hingga abu-abu dan disertai bau yang amis, busuk atau menimbulkan rasa gatal pada kemaluan.

Keputihan yang tidak normal bisa disebabkan karena tidak menjaga kebersihan area kelamin dengan baik misal pada penyakit infeksi jamur, bakterial vaginosis, atau akibat penyakit menular seksual seperti pada penyakit klamidia, trikomoniasis, dan gonore.

Yang perlu Anda perhatikan untuk mencegah keputihan adalah :

  1. Basuh area kelamin dengan arah dari depan ke belakang dan selalu keringkan.
  2. Rutin mengganti celana dalam dan hindari pemakaian celana yang terlalu ketat.
  3. Hindari berganti-ganti pasangan ketika berhubungan seksual.
  4. Gunakan kondom ketika berhubungan seksual.
  5. Hindari makanan yang terlalu manis, berlemak, dan tinggi karbohidrat.
  6. Hindari konsumsi alkohol.

Karena keputihan yang Anda alami berbau busuk dan sudah ada keluhan gatal, maka tentunya termasuk kedalam keputihan yang tidak normal, dan perlu melakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

keputihan disertai bau amis merupakan ciri adanya bakteri pada vagina

Ciri-ciri Bakteri Vagina yang Mudah Dikenali agar Cepat Diobati

Ciri-ciri bakteri vagina adalah keputihan disertai bau amis dan panas saat buang air kecil. Antibiotik yang diresepkan oleh dokter dapat membantu mengobatinya.