06 Oct 2020, 12:30Kandungan

Mengalami tanda-tanda hamil, bagaimana memastikannya?

CV
Info Penanya: CV, Wanita, 32 Tahun
Dok, saya sejak seminggu yang lalu merasakan ada yang berbeda dalam diri saya. Badan lebih cepat lelah, mual, suhu tubuh suka terasa anget, payudara membengkak, kram perut hingga ke bokong belakang, hpht saya tgl 10 september dan saya mengalami keluar darah lagi di tgl 21 september cuma 2 hari. Saya coba tespek tgl 6 oktober hasilnya negatif. Mungkin gak dok saya hamil?
262 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, CV.Tanda-tanda hamil dapat terjadi karena ada perubahan hormon yang terjadi pada tubuh wanita saat kehamilan. Perubahan hormon tersebut menyebabkan timbulnya sejumlah gejala, baik dari sisi fisik maupun sisi psikologis. Beberapa tanda kehamilan yang umum dialami adalah payudara membesar, kram perut, flek darah selama 1-3 hari, serta terlambat haid, seperti yang Anda alami saat ini.Apabila sudah testpack namun hasilnya negatif, ada beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi, yaitu:
  • Waktu testpack terlalu dini
  • Cara penggunaan testpack kurang tepat
  • Alat yang digunakan sudah kadaluarsa
  • Memang tidak hamil
Idealnya, testpack dilakukan satu minggu setelah terlambat haid, sehingga Anda dapat mengulanginya lagi setelah ada keterlambatan. Apabila masih negatif, ulangi satu minggu kemudian. Andaikan tetap negatif, maka keterlambatan haid Anda bisa jadi disebabkan oleh faktor lainnya, seperti kelebihan atau kekurangan berat badan, gaya hidup yang tidak sehat, stres, ataupun kelelahan.Atau, apabila Anda ingin memastikannya dengan lebih jelas, Anda juga dapat melakukan USG di dokter spesialis kandungan. Nantinya, dokter akan mencari tahu apakah ada gambaran kantung kehamilan dalam rahim Anda, yang menandakan benar-benar terjadi kehamilan secara pasti. Apabila benar hamil, jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi ibu dan janin dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, tetap beraktivitas fisik ringan tetapi tidak kelelahan, dan kendalikan tingkat stres. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
hamiltes kehamilantest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil