Terlambat haid, lalu perdarahan 1 hari, apa mungkin hamil ?

SA Info Penanya: SA
Selamat pagi dok.. saya ingin bertanya. Siklus haid saya teratur yaitu 31 hari daan seharusnya datang bulan pada tanggal 10 mei kemarin. Tapi saya sudah terlambat haid selama 12 hari. Hari ke 10 telat haid saya tespek hasilnya negatif. Tetapi sya mengalami tanda2 awal kehamilan dok. Maaf dok , Pada tanggal 20 sya berhubungan dg suami. Dan pada tanggal 21 kemarin malam sya keluar darah yg volumenya banyak seperti darah haid dok. Yg ingin sy tanyakan apakah sya ini sedang haid atau tanda hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SA.

Terlambat haid adalah tanda kehamilan yang tidak mutlak karena gangguan haid dapat juga disebabkan oleh faktor-faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut umumnya membuat hormon pengatur siklus menstruasi mengalami ketidakseimbangan dan berdampak pada gangguan haid yang salah satunya berupa keterlambatan haid. 

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan haid tersebut, antara lainnya adalah :

  • konsumsi obat tertentu seperti Pil KB 
  • status gizi berlebih atau kekurangan
  • kelelahan
  • stres serta kondisi mental atau emosional yang sedang labil
  • kondisi medis tertentu, salah satunya berupa kehamilan
  • penyakit tertentu seperti sindroma polikistik ovariium, kista ovarium, penyakit pada kelanjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai keterlambatan haid yang disertai tanda-tanda kehamilan lainnya masih belum dapat dipastikan jika hasil test pack negatif, karena gejala paramenstrual pun dapat menyerupai gejala-gejala tersebut.  

Adapun tanda-tanda kehamilan selain keterlambatan haid, diantaranya ialah :

Terkait dengan keluhan perdarahan yang Anda alami jika volume darah yang dikeluarkan cukup banyak kemungkinanya bisa berupa haid ataupun darah keguguran jika memang sempat mengalami kehamilan. Untuk lebih memastikan Anda dapat melakukan pemeriksaan test pack ulang.

Selain itu, mulailah untuk menghindari konsumsi makanan mentah, makanan yang mengandung pengawet dan tinggi bahan kimia. Hindari beraktivitas terlalu berlebihan dan cukupilah kebutuhan istirahat Anda.

Jika hasil test pack tetap negatif, kemungkinan yang Anda alami adalah gangguan siklus haid, untuk pemeriksaan lebih lanjut Anda dapat menemui dokter Spesialis Kandungan secara langsung.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!