Apakah tanda pasti dari kehamilan?

N0 Info Penanya: N0, Wanita, 29 Tahun
Selamat pagi dok, saya ingin bertanya apakah mungkin terjadi di saat hasil tespeck negatif dan setelah itu terjadi haid lancar tetapi ada kantung janin dan dinyatakan positif hamil saat usg karena saya pernah membaca komentar di salah satu vlogger tentang kehamilan menyatakan hal tersebut. Mohon penjelasannya, terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N

Terima kasih atas pertayaan Anda.

Kehamilan merupakan kondisi yang diharapkan oleh hampir setiap pasangansuami istri. Tanda pasti dari kehamilan adalah hasil positif dari tes kehamilan, pemeriksaan fisik oleh dokter dan juga pemeriksaan USG kehamilan

Perdarahan implantasi merupakan suatu perdarhan yang dapat terjadi pada awal kehamilan. Perdarahan ini terjadi akibat dari melekatnya emrbrio ke dinding rahim. Perdarahan implantasi ini biasanya muncul 6 - 12 hari setelah melaukna hubungan seksual. Umumnya perdarahan ini berupa bercak (flek) berwarna merah terang dan tidak lebih dari 3 hari. 

Terkait dengan pertanyaan Anda, bila dilakukan tes kehamilan dan hasilnya negatif maka disarankan untuk melakukan tes kehamilan ulang dengan jeda 1 minggu kemudian. Pemeriksaan USG dan pemeriksaan fisik oleh dokter juga diperlukan untuk menentukan kehamilan. Jika hasil USG ditemukan kantung kehamian, maka kemungkinan besar positif hamil. 

Untuk itu pastikan Anda tetap konsumsi makanan bergizi siembang, hindari stres dan kelelahan, istirahat cukup dan jaga kebersihan diri dan lingkungan.

Bila Anda ragu-ragu, silakan periksakan kembali diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.