Bisakah hamil jika ejakulasi di bagian luar vagina dan sudah sempat haid ?

ME Info Penanya: ME, Wanita, 24 Tahun
Dok, saya beberapa hari yang lalu saya sempet berhubungan sama suami saya, tapi dia belum sempat masuk sudah keluar. Baru gesek sudah keluar. Pertama keluar disekitar milik saya. Yang kedua dia keluarkan di celananya. Setelah gak nyampe 15 harian saya haid dan itu terlambat 10 hari. Apakah ada kemungkinan saya hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MER.

Kehamilan adalah kondisi yang dapat terjadi akibat pertemuan sperma dan sel telur yang menghasilkan pembuahan. Pertemuan sperma dan sel telur dapat terjadi ketika adanya penetrasi penis pada vagina dan terjadi ejakulasi atau proses pengeluaran sperma. Setelah sperma keluar di dalam vagina, sperma masih harus berjuang memasuki leher rahim dan hamil untuk bertemu dengn sel telur yang dikeluarkan saat masa subur. Jika sperma berhasil bertemu dengan sel telur maka terjadilah bakal janin yang kemudian akan menempel atau melakukan implantasi pada dinding rahim dan terjadilah kehamilan.

Terkait dengan pertanyaan Anda, kemungkinan kehamilan jika ejakulasi di bagian luar vagina tentunya akan lebih kecil, namun kemungkinan tersebut tetap masih ada jika masih berada di dekat lubang vagina. Lalu mengenai kemunkinan kehamilan apabila sudah haid, umumnya sangat kecil sampai hampir tidak ada ya, karena kalau sudah haid berarti ada sel telur yang luruh atau dengan kata lain tidak berhasil menjadi bakal janin. Terkecuali jika perdarahannya berupa perdarahan implantasi atau perdarahan keguguran yang masih dapat dipertahankan.

Untuk memastikan ada baiknya Anda melakukan test pack, kemudian jika positif Anda dapat melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AR
03 May 2020, 10:52
Dok saya mau nanya, Saya seks dengan istri, istri saya selesai haid tgl 14 , lalu saya seks tgl 24 , 3-4 hari kemudian tgl 27 istri saya Mens, Apakah bisa hamil Dok, Tapi saya 2kali ejakulasi di luar vagina dok? Dan sudah 1minggu istri saya mens, apa bisa hamil dok, tidak ya???? Makasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 May 2020, 19:22
Hi, AR.
Tidak akan terjadi kehamilan karena istri Anda sudah 2x mens sejak terakhir kali Anda melakukan hubungan badan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.
Salam sehat.
Dibalas oleh AR
15 May 2020, 20:35
Kenapa tidak terjadi kehamilan?, Ada penjelasan nya dok?...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
16 May 2020, 11:05
Selamat siang AR,
Mengacu kepada pertanyaan Anda tanggal 3 Mei, istri Anda tidak hamil karena sudah haid setelah berhubungan.
Tetapi, jika setelah haid Anda melakukan hubungan seks kembali, maka tentunya akan ada kemungkinan hamil lagi. Jika ragu, Anda bisa meminta istri melakukan testpack apabila sudah terlambat haid ya.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Variasikan hubungan intim Anda dan pasangan dengan mempraktikkan gaya seks tanpa lepas pakaian

Tak Kalah Menggairahkan, Ini 5 Gaya Seks Tanpa Lepas Pakaian

Gaya seks tanpa lepas pakaian ternyata bisa menjadi cara baru untuk membuat gairah Anda dan pasangan kian memuncak. Trik utama yang perlu dilakukan saat bercinta menggunakan pakaian adalah fokus pada area sensitif pasangan.