Apakah berhubungan lalu mengalami menstruasi akan ada kehamilan?

VW Info Penanya: VW, Wanita, 50 Tahun
APAKAH SETELAH BEHUBUNGAN PADA TANGGAL 12 DAN DI TANGGAL 25 MENGALAMI MENSTRUANSI AKAN MENYEBABKAN KEHAMILAN
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi VW,

Menstruasi adalah perdarahan yang timbul karena sel telur tidak mengalami pembuahan atau tidak dibuahi oleh sel sperma. Apabila sebelumnya melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi, kemungkinan hamil bisa ada.

Tapi kalau setelah berhubungan kemudian sudah mengalami menstrausi dan tidak kembali melakukan hubungan seksual setelah menstruasi maka bisa dipastikan tidak ada kehamilan.

Tanda kehamilan sendiri sering kali juga mirip dengan tanda akan menstruasi atau premenstrual syndrome, sehingga bisa mengecoh. Tetapi pada PMS akan terasa berkurang gejalanya ketika timbul menstruasi.

Beberapa gejala yang mirip diantaranya seperti:

  • Rasa tidak nyaman di payudara
  • Kelelahan
  • Nyeri perut bawah
  • Mood yang mudah berubah-ubah
  • Flek darah

Jika saat ini sudah menikah dan ingin menunda kehamilan terlebih dahulu, ada baiknya menggunakan kontrasepsi secara rutin seperti pil kb ataupun kondom. Tetapi jika sudah menginginkan kehamilan, bisa lakukan hubungan terutama pada masa subur, jika lebih dari 1 tahun belum juga hamil, ada baiknya periksakan diri pada dokter agar dilakukan pemeriksaan kesuburan.Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut tampon, dan menstrual cup memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam mengatasi dan menampung darah haid

Kenali Kelebihan Pembalut, Tampon, dan Menstrual Cup

Pembalut, tampon, dan menstrual cup adalah tiga produk pilihan yang bisa digunakan oleh wanita saat sedang menstruasi. Ketiganya memiliki bentuk dan cara pemakaian yang berbeda, serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.