Apakah tanda kehamilan atau efek minum postinor?

PT Info Penanya: PT, Wanita, 29 Tahun
selamat malam dok ,saya berhubungan seks dengan suami saya pada tanggal 27 april karena saya ingin menunda kehamilan jadi saya minum postinor,pada tanggal 5 april keluar flek dari alat kelamin saya ,apakah itu tanda kehamilan atau efek dari minum postinor ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PT,

Postinor adalah obat yang sering dipakai sebagai kontrasepsi darurat bila Anda lupa meminum pil KB atau terlambat suntik KB dan sudah terlanjur berhubungan seksual.

Namun perlu Anda pahami bahwa ini bukan obat penggugur kandungan, namun obat yang mengandung hormon levonorgestrel ini akan menghambat pembuahan dan mencegah penempelan janin ke rahim, sehingga risiko untuk terjadinya kehamilan lebih kecil.

Apa yang Anda maksud adalah berhubungan seksual di tanggal 27 Maret? Yang perlu diperhatikan adalah kapan masa subur Anda. Bila tanggal 27 Maret tersebut merupakan masa subur Anda maka kemungkinan untuk terjadinya kehamilan lebih besar, selain itu juga perlu diperhatikan kapan Anda meminum obat tersebut. Karena obat yang digunakan sebagai kontrasepsi darurat tersebut harus diminum dalam waktu kurang dari 72 jam.

Perdarahan yang muncul akibat meminum obat kontrasepsi darurat biasanya terjadi dalam waktu 2-3 hari setelah meminum obat, selain itu juga bisa timbul keluhan mual, muntah.

Apa penyebab pasti flek yang Anda alami kurang bisa dipastikan karena Anda tidak menyebutkan tanggal berapa Anda terakhir haid.

Sementara yang dapat Anda lakukan agar flek berhenti adalah :

  • Perbanyak makan sayur dan buah.
  • Minum air yang banyak.
  • Cukup istirahat.
  • Jangan stres.

Bila Anda terlambat haid, maka lakukan pemeriksaan tes pack 1 minggu setelah terlambat haid untuk memastikan Anda sedang hamil atau tidak. Bila Anda kurang yakin dengan hasilnya, maka Anda bisa konsultasi dengan dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh PT
07 Apr 2020, 09:25
dan kemarin saya mens dok ternyata,tapi biasanya saya mens di tanggal 18 atau 19 jadi ini lebih cepat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
10 Apr 2020, 07:24
Selamat pagi, PT.
Keadaan haid yang maju dapat dikategorikan sebagai gangguan siklus haid, dan tidak normal jika berkisar di bawah 21 hari. Faktor penyebab dari gangguan haid tersebut dapat merupkan riwayat konsumsi postinor pada Anda, atau faktor lainnya yang menyebabkan ketidaksembangan hormon seperti stres, kelelahan dll. Namun, umumnya, jika masih berada pada kisaran 21-35 hari masih dalam batas yang nomal.
Salam sehat
Dibalas oleh S
14 May 2020, 12:02
Selamat siang dok, saya mau tanya jika setelah berhubungan seks, besok nya baru minum postinor2. Namun setelah 4 hari kemudian belum terjadi menstruasi itu pertanda hamil atau tidak ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
15 May 2020, 07:34
Selamat Pagi, S
Mengonsumsi pil darurat paling lambat adalah 72 jam setelah melakukan hubungan seksual. Siklus haid normal adalah 21 - 35 hari. Jika Anda terlambat haid dan ingin mengetahui hamil / tidak, Anda bisa melakukan tes kehamilan. Bila hasilnya samar, bisa diulang dengan jeda 1 minggu kemudian. Periksakan ke dokter sppseialis kandungan, bila menunjukan hasil positif, atau bila haid masih terlambat agar dilakukan pemeriksaan USG.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai cara mengetahui jenis kelamin bayi yang efektif untuk dilakukan

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi, Bukan Mitos

Ketika dinyatakan hamil, sebagian pasangan tentu ingin segera mengetahui jenis kelamin janinnya. Namun, ada berbagai mitos mengenai cara mengetahui jenis kelamin bayi yang bisa membuat keliru. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengetahuinya?