Pasca keguguran masih kram, nyeri pinggang dan demam, apa itu nomal ?

MN Info Penanya: MN, Wanita, 23 Tahun
Halo dok. Izin bertanya, saya sudah 2 minggu lbh 2 hari pasca keguguran. Tapi skrng saya masih merasa kram perut, linu/nyeri bagian pinggang kanan kadang kiri, badan terasa demam. Apa itu normal krna sedang proses pemulihan atau tanda infeksi ya dok ? Soalnya saya ga disuruh untuk cek USG ulang lg kmrn. Saya kemarin hanya diberi obat untuk pereda nyeri, antibiotik dan obat buat menghentikan perdarahan.Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MNF.

Keguguran merupakan kondisi kehamilan yang tidak dapat dipertahankan pada usia 20 minggu pertamanya. Penyebab keguguran kerap kali sulit untuk teridentifikasi. Namun umumnya, keguguran yang terjadi pada 3 bulan awal terjadi akibat adanya gangguan pada janin. Sedangkan yang terjadi setelah usia kehamilan 3 bulan dipicu oleh kondisi kesehatan Ibu. Tanda awal dari keguguran biasanya berupa perdarahan vagina disertai dengan kram atau nyeri perut bagian bawah. 

Mengenai keadaan pasca keguguran Anda yang masih disertai kram perut, nyeri pinggang dan demam mungkin masih merupakan proses pemulihan. Umumnya pengobatan dengan antibiotik pun dapat memicu demam serta obat untuk menghentikan pendarahannya mungkin masih membutuhkan waktu untuk bekerja secara maksimal.

Namun demikian, keadaan keguguran dapat mengalami komplikasi dan berkembang menjadi infeksi uterus atau yang dikenal dengan keguguran (abortus) septik dengan beberapa ciri yang perlu Anda perhatikan lebih lanjut.

Tanda dan gejalanya meliputi :

  • demam yang disertai menggigil
  • keputihan
  • perut bagian bawah mengeras
  • bau busuk pada vagina

Jika keadaan yang dialami saat ini disertai tanda dan gejala seperti yang dipaparkan diatas, ada baiknya untuk segera kontrol kembali pada dokter Kandungan Anda.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Puasa untuk ibu hamil masih merupakan suatu kontroversi

Puasa untuk Ibu Hamil, Bolehkah?

Berbagai macam alasan dapat menjadi dasar keputusan berpuasa untuk ibu hamil. Puasa untuk ibu hamil sebenarnya masih sebuah perdebatan yang belum mencapai suatu kesimpulan mutlak, tetapi bagi bumil yang ingin berpuasa, sebaiknya tetap minum air saat berpuasa. Apakah baik bagi ibu hamil untuk berpuasa? Adakah efek samping yang dapat terjadi pada ibu dan janin? Temukan penjelasannya di sini.