Tanda Hamil dan Waktu yang tepat untuk test pack

WA Info Penanya: WA, Wanita, 22 Tahun
Saya mengalami pusing, mual dan muntah pada pagi dan siang hari selama 4 hari berturut turut. Sudah coba minum obat tp tak kunjung sembuh. Apa itu merupakan tanda kehamilan? Dan kapan waktu terbaik untuk menggunakan testpack?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam WAW,

Tanda-tanda hamil, sebagai berikut:

  1. Tanda tidak pasti hamil: berhentinya siklus menstruasi, mual dan muntah, sering BAK, payudara membesar, kulit hidung, pipi, dahi, puting menghitam, sulit BAB, varises
  2. Tanda kemungkinan hamil: pemeriksaan oleh tenaga kesehatan ditemukan tanda Hegar, tanda Piskacek, tanda Braxton Hicks, tanda Ballotement dan tanda Chadwick, terabanya bagian tubuh janin, tanda kemungkinan hamil juga dapat dilihat dari hasil testpack.
  3. Tanda pasti hamil: terlihatnya gerakan janin dan denyut jantung janin melalui USG.

Untuk memastikan terjadi kehamilan atau tidak, Anda dianjurkan melakukan pemeriksaan testpack bila terjadi keterlambatan haid. Ditunggu dulu hingga telat haid 1 minggu dari tanggal perkiraan, lalu lakukan test pack di pagi hari baru bangun tidur dan gunakan minimal 2 alat test pack yg berbeda. Hasil negatif sebaiknya di konfirmasi ulang satu minggu kemudian.

Salam sehat,

dr. Airin Que

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selama kehamilan, salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu untuk ibu hamil.

Manfaat dan Berbagai Jenis Susu Ibu Hamil

Asupan kalsium diperlukan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua, membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium.