18 May 2020, 22:13Kandungan

Bagaimana cara membedakan tanda hamil atau tanda haid?

A
Info Penanya: A0
Malam dok, sy anavi 24th, tanya dok:sy haid terakhir tgl 29 april selesai haid tgl 7 mei, pasca haid sy berhubungan dg suami, tetapi sekitar tgl 13 an mei payudara sy nyeri dan membesar, pinggang sy jg sakit, buang air kecil sering, badan serasa lebih lemes. Biasanya sy mengalami payudara, pinggang nyeri itu seminggu sblm haid, ini after haid hanya 6 harian gejalanya muncul. Apa ini tanda haid untuk bulan mei ini atau tanda hamil dok ya? Mohon penjelasannya. Terima kasih
20027 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang A,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Tanda hamil dan haid memang mirip karena keduanya dimulai dari proses yang sama, yaitu ovulasi. Masa ovulasi umumnya terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum menstruasi. Dan dalam rentang waktu inilah sel telur bisa berhasil bertemu sperma untuk dibuahi. 

Beberapa cara membedakan tanda hamil atau haid :

  • Beda nyeri payudaranya
    Nyeri payudara tanda hamil biasanya berlangsung selama 1-2 minggu setelah pembuahan. Sedangkan tanda haid biasanya akan muncul 1-2 hari saja.
  • Beda kram perut
    Kram pada tanda hamil akan lebih terasa pada satu sisi saja. Sedangkan kram akan haid nyerinya biasanya akan dirasakan seluruh perut dan umumnya menjalar hingga ke punggung.
  • Beda flek darah
    Flek yang menjadi tanda hamil umumnya muncul hanya 1 atau 2 tetes dan bewarna kecoklatan. Sedangkan pada menstruasi umumnya tidak menimbulkan flek atau bercak.
  • Beda mual dan muntah
    Pada wanita hamil trimester 1 saat pagi akan timbul mual dan muntah. sedangkan pada wanita yang akan haid. gejala ini biasanya tidak ada.
Berdasarkan keluhan Anda, belum bisa di pastikan Anda mengalami tanda-tanda hamil atau tidak, sebaiknya lakukan testpack untuk memastikan saat Anda terlambat menstruasi pada bulan berikutnya. Tetap selalu menjaga makan makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah. Konsumsi air putih minimal 2 liter / hari. Dan juga jangan beraktivitas fisik yang terlalu berat. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lannjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah 
haidtes kehamilanpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil