Tanaman di Al-quran ampuh atasi kelenjar getah bening menahun?

P Info Penanya: P, Wanita, 36 Tahun
Dok, saya mau nanya apakah tanam-tanaman yang direkomendasikan di Al-quran mampu mengurangi atau bahkan menyembuhkan sakit seperti kelenjar getah bening menahun? Jujur, saya sudah lelah bolak-balik diobati di RS/Puskesmas dok. Terima kasih sarannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kelenjar getah bening (KGB) adalah suatu organ berukuran kecil dan tersebar di hampir seluruh lokasi tubuh yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh ini disebut juga dengan sistem imun, berfungsi untuk mengenali dan melawan zat, mikroorganisme, dan partikel yang dianggap membahayakan tubuh seperti bakteri, virus dan zat atau partikel asing lainnya. Sebagai kompensasinya, KGB dapat membengkak dalam upayanya merespon factor infeksi, yang kemudian dapat mengempis seperti sediakala dengan sendirinya setelah infeksi mereda. Walupun tersebar di seluruh tubuh, kondisi pembengkakan biasanya terjadi di area belakang telinga, bawah dagu, leher, ketiak dan pangkal paha.

Kondisi pembengkakan KGB yang dibahas diatas, dalam bahasa medis dikenal dengan limfadenopati. Penyebab umum dari limfadenopati adalah infeksi (seperti infeksi telinga, infeksi gigi, flu, pilek, batuk, sariawan, penyakit menular seksual, tuberculosis, infeksi kulit, HIV dan lainnya). Namun kondisi lain seperti penyakit autoimun hingga kanker yang telah menyebar pun dapat menimbulkan pembesaran pada KGB. Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu (seperti obat anti kejang, imunisasi tifoid, obat anti malaria) juga dapat memicu pembengkakan KGB.

Berikut beberapa gejala yang dapat terjadi pada kondisi limfadenopati :
  • Benjolan dibawah kulit yang dapat disertai nyeri, panas dan tampak memerah.
  • Cenderung lebih mudah Lelah dari biasanya
  • Adanya ruam pada kulit
  • Penurunan berat badan yang tidak jelas penyebabnya
  • Demam
  • Adanya keringat yang tidak biasa pada malam hari

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang tanaman pada Al Quran yang dapat mengobati gangguan pada KGB, perlu untuk ditelaah kembali jenis tanamannya sehingga dapat lebih spesifik. Umumnya memang terdapat beberapa jenis obat tradisional yang dipercaya dapat membantu mengatasi pembengkakan KGB, seperti bawang putih, tanaman oregano yang dijadikan minyak, madu dan lainnya. Namun dari sudut pandang medis, diperlukan riset dan penelitian lebih banyak yang khusus mendalami efek tanaman obat tersebut terhadap gangguan kelenjar getah bening.

Mengenai tanaman obat tersebut sebaiknya dikonsultasikan dan dikonfirmasikan kembali jenisnya kepada ulama atau ahli agama yang juga mendalami bidang kesehatan sehingga dapat lebih akurat. Ada baiknya Anda juga meneruskan pengobatan gangguan KGB Anda pada dokter Spesialis Penyakit Dalam agar terhindar dari komplikasi.

Untuk sementara Anda dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan beberapa jenis makanan yang tertera pada artikel berikut ini, serta menghindari konsumsi jenis makanan tertentu yang tertera pada artikel pantangan makanan untuk penderita gangguan KGB

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembengkakan kelenjar getah bening pada anak disertai dengan demam dan benjolan di leher yang disertai rasa sakit

Kelenjar Getah Bening Anak Bengkak? Mungkin Ini Biang Keroknya

Pada anak-anak, pembengkakan kelenjar getah bening adalah tanda sedang terserang penyakit. Kondisi ini ditandai dengan benjolan di leher, belakang kepala, ketiak, atau sekitar selangkangan.