07 Feb 2021, 14:51Gigi & Mulut

Gigi berlubang, apa yang bisa dilakukan?

NR
Info Penanya: NR0
Jadi gini, saya besok berencana cabut gigi. kemarin saya sudah mau cabut, tetapi karena masih sakit jadi diresepkan obat dlu baru cabut minggu depan. tapi hari ini tambalan gigi saya malah lepas, saya takut terjadi infeksi/sakit kembali berakibat malah tidak jadi cabut lagi. kalau saya makan takut malah makanan menyelip di lubang yg membuat gigi kembali sakit. jadi bagaimana ya?
119 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, NTerima kasih atas pertanyaan AndaGigi berlubang merupakan kondisi yang terjadi saat adanya lubang pada gigi. Kedaan ini berawal dari adanya sisa makanan yang tertinggal di gigi dan memicu bakteri untuk mengeluarkan zat asam. Zat asam yang dikleuakan oleh bakter ini akan membentuk plak dan merusak lapisan gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Tatalaksana yang dilakukan untuk gigi berlubang diantaranya:

  • Memberikan gell flouride
  • Melakukan penambalan gigi bila kerusakan mengenai lapisan luar gigi
  • Melakukan perawatan saluran akar jika kerusakan gigi hingga bagian akar gigi 
  • Melakukan pencabutan gini jika kondisi gigi berlubang sudah parah
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu terkait kondisi kesehatan gigi Anda untuk menentukan tindakan yang akan dilakukan pada gigi berlubang. Jika kondisi gigi sedang sakit menandakan adanya peradangan dan infeksi di sekitarnya maka dokter gigi akan berusaha mengatasinya terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan lebih lanjut. Jika saat ini tambalan terlepas, sebaiknya segera kontrol kembali ke dokter gigi terdekat agar dokter melakukan evaluasi terapi.Untuk saat ini Anda bisa mengonsumsi makanan yang bertekstur lunak untuk sementara waktu, menggosok gigi sesudah makan dan seebelum tidur agar mencegah adanya sisa makanan yang tertinggal pada gigi dan pada gigi yang berlubang, minum air cukup, konsumsi obat pereda nyeri bilamana diperlukan dan segera periksa ke dokter gigi.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil